sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Akibat bencana tanah longsor, puluhan petugas lakukan penanganan darurat di Jalan Swadaya 1 RT 009/09, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024).

Bencana longsor terjadi diduga karena kontur tanah yang labil akibat hujan yang turun.

“Longsoran mengakibatkan delapan KK atau 24 jiwa terdampak dan harus mengungsi, karena dikhawatirkan membahayakan mereka,” ujarnya.

Plh Lurah Pejaten Timur, Puji Meilita menjelaskan bahwa saat ini, upaya penanganan tebing longsor dengan kedalaman 20 sampai 30 meter sedang dilakukan oleh 20 petugas PPSU.

Mereka dibantu oleh petugas SDA dan menggunakan kayu dolken untuk membuat turap sementara.

Selain itu, pihak Kelurahan Pejaten Timur juga telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS Cilicis) untuk mendapatkan bantuan dalam penanganan longsoran tersebut.

Mereka juga telah menghubungi Baznas (Bazis) Jakarta Selatan untuk membantu meringankan beban pengungsi yang terdampak.

“Semoga dengan upaya-upaya kami melakukan koordinasi, dapat membuat penanganan longsor semakin cepat, sehingga warga juga bisa kembali ke rumah mereka nantinya,” ucapnya.

Sejak kejadian terjadi Komandan Pleton BPBD Jakarta Selatan, Muhammad Nur menyampaikan telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi hal tersebut.

Salah satunya menutup longsoran dengan menggunakan terpal dan karung yang ada.

BPBD Jakarta selatan juga turut serta memberi bantuan atas bencana ini keapda warga setempat.

“Adapun bantuan tersebut yakni, air mineral empat dus, biskuit delapan kaleng, matras 15 lembar, selimut 25 lembar dan sabun batang 25 buah,” terangnya.

Sampai saat ini masih belum ada kabar lebih lanjut terkait dengan hal ini.