HAIJAKARTA.ID- Bagaimana sih cara buat akun SSCASN untuk daftar CPNS 2024?
Akun SSCAN digunakan oleh calon peserta yang akan mengikuti seleksi CPNS atau PPPK.
Selain itu, informasi CPNS dapat diperoleh secara lengkap melalui situs resmi SSCAN.
Cara Buat Akun SSCASN untuk Daftar CPNS 2024
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun SSCASN guna mendaftar CPNS 2024:
1. Kunjungi Situs Resmi SSCASN
Buka situs resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id menggunakan browser pada perangkat kamu.
2. Klik “Registrasi”
Setelah situs terbuka, cari dan klik tombol “Registrasi” atau “Buat Akun” yang ada di halaman utama untuk memulai proses pendaftaran akun.
3. Isi Data Pribadi
Isi formulir pendaftaran dengan data pribadi yang valid, seperti NIK, nomor KK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta alamat email yang aktif.
Pastikan semua data yang dimasukkan sesuai dengan dokumen resmi.
4. Unggah Dokumen yang Diperlukan
Unggah dokumen yang diminta, seperti KTP dan foto diri. Pastikan dokumen tersebut sesuai dengan persyaratan ukuran dan format file yang ditentukan.
5. Verifikasi dan Aktivasi Akun
Setelah semua data diisi dan dokumen diunggah, lakukan verifikasi melalui email yang dikirimkan oleh SSCASN. Klik tautan verifikasi untuk mengaktifkan akunmu.
6. Masuk ke Akun SSCASN
Setelah akun berhasil diaktifkan, kembali ke situs SSCASN dan masuk dengan menggunakan NIK dan password yang sudah dibuat.
Dari sini, kamu bisa melanjutkan proses pendaftaran CPNS 2024.
Pengumuman Pengadaaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Tahun 2024 dapat dilihat pada website https://sscasn.bkn.go.id/
Pendaftaran dan seleksi administrasi hanya berdasarkan verifikasi dokumen pada laman website BKN dengan tata cara sebagai berikut:
- Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses pendaftaran seleksi Pengadaan
- Selanjutnya pelamar dapat melakukan registrasi pembuatan akun kemudian login dan mengisi data diri sesuai prosedur pendaftaran pada laman https://sscasn.bkn.go.id/
- Pelamar hanya dapat membuat akun sebanyak 1 (satu) kali
- Pelamar yang telah memiliki akun melakukan pendaftaran sesuai dengan tahapan pada laman https://sscasn.bkn.go.id/
Syarat dan Cara Daftar CPNS 2024
Setiap pelamar wajib melampirkan dokumen persyaratan dengan dokumen asli berwarna (bukan dokumen fotokopi)
Dokumen yang terlihat dan terbaca dengan jelas dengan cara di scan kemudian diunggah melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/
Berikut ini syarat dokumen apa saja dan cara daftar CPNS 2024:
1. Pas foto formal terbaru, dengan latar belakang berwarna merah polos
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ASLI atau surat keterangan ASLI telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih berlaku
3. Surat Pernyataan 5 Poin, diketik menggunakan komputer, dibubuhi e-materai Rp10.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
4. Surat Pernyataan Tidak Mengajukan Pindah Paling Singkat 10 (Sepuluh) Tahun Sejak Diangkat PNS, diketik menggunakan komputer, dibubuhi e-materai Rp 10.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
5. Surat Lamaran ditujukan ke Walikota Blitar, diketik menggunakan komputer, dibubuhi e-materai Rp10.000,- dan ditandatangani dengan pena hitam
6. Ijazah ASLI (bukan Surat Keterangan Lulus) sesuai dengan jabatan yang dilamar bagi lulusan dalam negeri, atau Surat Pernyetaraan Ijazah ASLI dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bagi lulusan perguruan tinggi luar Negeri.
7. Transkrip Nilai ASLI (bukan Transkrip Nilai Sementara) bagi lulusan dalam negeri atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan Transkrip Nilai dan Surat Keputusan Hasil Konversi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Untuk jabatan dengan kualifikasi pendidikan profesi pada Dokter Ahli Pertama-Dokter (Umum) wajib mengunggah Transkrip Nilai S-1 dan Transkrip Nilai Profesi dalam 1 (satu) menu “Transkrip Nilai asli
- Untuk perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan konversi nilai IPK dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan atau menyesuaikan menu pada laman https://sscasn.bkn.go.id/.
- Bagi pelamar jabatan pemadam kebakaran dengan kualifikasi pendidikan SLTA/SMA sederajat wajib menggunggah Transkrip/Daftar Nilai ASLI Sekolah Menengah Atas/sederajat.
8. Bukti Akreditasi, berupa sertifikat atau tangkap layar (screenshot) pada PDDIKTI/BAN-PT dari akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi pada saat kelulusan yang tertulis pada ijazah.
9. STR (khusus bagi pelamar untuk jabatan tenaga kesehatan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 322 Tahun 2024 tentang Persyaratan Surat Tanda Registrasi untuk melamar pada Jabatan Fungsional Kesehatan dalam Pengadaan Aparatur Sipil Negara Tahun 2024 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Nomor PT.01.03/F/570/2024 tentang Persyaratan Kualifikasi Pendidikan dan Surat Tanda Registrasi dalam Rangka Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Jabatan Fungsional Kesehatan Tahun 2024
10. Khusus bagi penyandang disabilitas selain mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran sebagaimana dimaksud pada huruf a sampai dengan huruf i, ditambah dengan:
- Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya, dan
- Video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar.
- Semua dokumen yang tidak sesuai dengan persyaratan dan tidak terbaca dengan jelas, dinyatakan gugur seleksi administrasi.
- Apabila terdapat unggahan dokumen persyaratan wajib yang tidak sesuai, maka yang dipakai adalah persyaratan dokumen yang tercantum pada laman https://sscasn.bkn.go.id/