sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID- Bagaimana sih syarat dan cara daftar formasi CPNS 2024 di Mahkamah Agung RI?

Mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Mahkamah Agung Republik Indonesia merupakan kesempatan berharga untuk berkarir di lembaga peradilan tertinggi di Indonesia.

Proses seleksi CPNS di Mahkamah Agung memerlukan pemahaman mendalam mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi serta langkah-langkah pendaftaran yang perlu diikuti.

Syarat daftar CPNS 2024 di Mahkamah Agung RI

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai persyaratan dan cara mendaftar CPNS di Mahkamah Agung RI:

  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan Rohani.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh satuan kerja pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya.
  • Berkelakuan baik dan tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-Bersedia ditempatkan di seluruh satuan kerja pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya.
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol) skala 4,00 (empat koma nol).
  • Bagi Pelamar lulusan Perguruan Tinggi yang berasal dari Luar Negeri wajib mendapatkan penetapan penyetaraan ijazah luar negeri dan penetapan penyetaraan transkrip nilai dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
  • Wajib memiliki sertifikat Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan skor paling rendah 450 atau International English Language Testing System (IELTS) paling rendah 5.0 (lima koma nol).
  • Bagi pelamar yang melamar pada kebutuhan jenis jabatan fungsional kesehatan (Dokter Gigi Ahli Pertama – Dokter Gigi (Umum), Perawat Terampil, dan Terapis Gigi Dan Mulut Terampil) wajib melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR) sesuai jabatan yang dilamar dan masih berlaku pada saat pelamaran.

Cara Daftar Formasi CPNS 2024 di Mahkamah Agung RI

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id mulai tanggal 20 Agustus 2024 dan ditutup pada tanggal 6 September 2024 dengan:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP)
  • Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum di Kartu Keluarga pelamar

Setelah melakukan pendaftaran, pelamar masuk ke laman https://sscasn.bkn.go.id menggunakan akun yang telah didaftarkan dan memilih instansi Mahkamah Agung.

Jenis penetapan kebutuhan dan jabatan sesuai pendidikan serta melengkapi data dan daftar isian.

Dokumen Surat Lamaran dan Surat Pernyataan wajib dibubuhkan e-meterai yang telah terintegrasi dengan website BKN.

Pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran setelah menyelesaikan seluruh tahapan pendaftaran.

Dokumen Persyaratan Pelamar

Pelamar wajib mengunggah persyaratan scan dokumen asli dan berwarna (tidak hitam putih) pada laman website resmi BKN

Dan seluruh dokumen yang diunggah dapat dibuka (file tidak rusak dan terbaca dengan jelas) dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Surat lamaran ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung Ri yang diketik menggunakan Komputer dan telah ditandatangani serta dibubuhi dengan e-meterai (format surat lamaran dapat diunduh pada https://mahkamahagung.go.id dan atau laman https://rekrutmen.mahkamahagung.go.id.

2. Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)

3. Dokumen kelulusan pendidikan, dengan ketentuan:

a) Bagi pelamar penetapan kebutuhan Umum, Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Kalimantan dan Putra/Putri Papua sebagai berikut:

  • Ijazah asli sesuai dengan jabatan yang dilamar bagi pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan surat keputusan penyetaraan ijazah asli dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
  • Surat akreditasi surat keterangan akreditasi tangkapan layar pada PDDIKTI/BAN-PT dari akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.

b) Bagi pelamar penetapan kebutuhan Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat b “Dengan Pujian”/Cumlaude sebagai berikut:

  • Ijazah asli dengan predikat kelulusan “Dengan Pujian/Cumlaude, bagi pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib mengunggah surat penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “Dengan Pujian”/Cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
  • Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan Sertifikat Akreditasi Program Studi terakreditasi A/Unggul

4. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol) skala 4,00 (empat koma nol) bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan transkip nilai dan surat hasil nilai konversi nilai IPK

5. Seleksi Pengadaan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Mahkamah Agung RTA 2024 Dokumen ini telah ditandatangani secara digital menggunakan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertfikasi Elektronik (BSE)

6. Pas Foto formal berlatar belakang merah.

7. Sertifikat TOEFL atau IELTS

8. STR untuk pelamar jabatan Dokter Gigi Ahli Pertama Dokter Gigi (Umum), Perawat Terampil, dan Terapis Gigi Dan Mulut Terampil

9. Bagi pelamar yang menyatakan penyandang disabilitas:

  • Wajib menyertakan surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat disabilitasnya serta dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi pengadaan PNS:
  • Wajib membuat video yang menunjukan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas secara mandiri sesuai jabatan yang akan dilamar (berjalan, mengetik menggunakan komputer, berkomunikasi dengan orang lain) dengan durasi waktu 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) menit

10. Bagi pelamar penetapan kebutuhan putra/putri Papua wajib menyertakan:

  • Akta kelahiran atau surat keterangan lahir
  • Surat keterangan asli dari kelurahan/kepala desa/kepala suku, yang menerangkan bahwa pelamar merupakan keturunan asli dari Papua berdasarkan garis keturunan bapak dan/atau ibu.