sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Jika ingin mendaftar PPPK tentunya harus tau materi pokok soal seleksi kompetensi teknis PPPK 2024 yang akan diteskan nantinya.

Tahun ini setidaknya terdapat 1.031.554 formasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja yang sudah ditetapkan. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi yang ingin mendaftar PPPK.

Seleksi PPPK 2024 dilakukan secara Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Lebih lanjut tidak ada pengangkatan secara otomatis, seluruh peserta harus mengikuti proses seleksi.

Nantinya sistem pemilihannya berdasarkan peringkat terbaik sesuai dengan jumlah kebutuhan formasi, terutama Pada instansi daerah.

Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK 2024

Mengetahui apa saja materi pokok yang akan diujikan pada seleksi kompetensi teknik wajib diketahui agar memperbesar kemungkinan dan lolos seleksi.

Berikut ini beberapa mater seleksi PPPK tahun ini yang bisa dijadikan panduan untuk mempersiapkan diri:

1. Materi Kompetensi Teknis

Tes kompetensi teknis dilakukan untuk mengetahui pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Lewat tes inilah bisa melihat keterampilan dan pengetahuan dalam tanggung jawab pekerjaan yang dituju. Apakah kandidat tersebut memiliki kompetensi yang sesuai atau tidak.

2. Materi Kompetensi Manajerial

Seleksi yang selanjutnya memiliki tujuan untuk menilai komitmen, kemampuan dan perilaku individu dalam berorganisasi yang bisa diukur dalam beberapa hal, seperti:

A. Integritas

Artinya pelamar harus konsisten berperilaku sesuai dengan nilai, norma dan juga etika organisasi yang ada. Selain itu harus jujur dalam berhubungan dengan semua stakeholder yang berkaitan.

Orang yang berintegritas juga bisa menciptakan budaya etika tinggi, bisa bertanggung jawab dengan semua pekerjaannya dan juga bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang menyertainya.

B. Kerja Sama

Pelamar harus memiliki kemampuan menjalin, membina dan mempertahankan hubungan kerja yang efektif. PPPK diharapkan bisa saling membantu menyelesaikan tugas dan mengoptimalkan SDM yang ada.

C. Komunikasi

Komunikasi adalah kemampuan untuk menerangkan pandangan dan gagasan secara jelas, sistematis yang disertai dengan argumen yang logis. Penyampaian yang dilakukan haruslah secara baik dan benar.

D. Orientasi Pada Hasil

Orientasi pada hasil membantu mempertahankan komitmen pribadi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas dan bisa diandalkan terhadap pekerjaan.

E. Pelayanan Publik

Dituntut melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan juga kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik secara profesional dan transparan.

F. Pengembangan Diri Dan Orang Lain

Diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan diri tidak hanya untuk diri sendiri namun juga bisa menginspirasi orang lain. Sehingga bisa bersama-sama berkembang.

G. Mengelola Perubahan

Kemampuan Dalam menyesuaikan diri dengan situasi baru atau berubah dan tidak bergantung secara berlebihan pada sistem atau metode lama.

H. Pengambilan Keputusan

Kompetensi pengambilan keputusan yang baik secara tepat dan dengan keyakinan diri tentunya mempertimbangkan prinsip kehati-hatian.

3. Materi Kompetensi Sosial Kultural

Tujuan dari seleksi ini untuk mengetahui nilai pengetahuan dan sikap sesuai dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat yang beragam. Baik suku, budaya, perilaku, wawasan kebudayaan, etika dan lainnya. Meliputi beberapa hal:

  • Kepekaan terhadap keberagaman
  • Kemampuan berhubungan sosial
  • Kepekaan terhadap pentingnya persatuan
  • Empati

4. Materi Wawancara

Tes terakhir adalah tes wawancara yang bertujuan untuk menggali informasi non kognitif yang bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas pelamar. Meliputi kejujuran, keadilan, etika , komitmen dan kepatuhan.

Itulah materi pokok soal seleksi kompetensi teknis PPPK 2024 yang bisa dipersiapkan sejak saat ini. Semoga berhasil menjadi abdi negara tahun ini.