sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID- Kisi-kisi resmi SKD CPNS 2024 terbaru ini bisa kamu pelajari untuk menghadapi SKD CPNS 2024.

SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS adalah salah satu tahap awal dalam proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Indonesia.

SKD bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar para pelamar yang meliputi tiga aspek utama, yaitu:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yaitu menguji pengetahuan dan pemahaman peserta tentang ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, sejarah Indonesia, serta tata negara.
  • Tes Intelegensia Umum (TIU) untuk mengukur kemampuan peserta dalam aspek intelektual, seperti kemampuan verbal (bahasa), numerik (berhitung), logika (penalaran), dan analisis (pemecahan masalah).
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk mengukur kemampuan peserta yang berkaitan dengan pelayanan publik, jejaring kerja, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, serta kemampuan sosial budaya.

SKD dilaksanakan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) untuk memastikan transparansi dan akurasi dalam penilaian.

Hasil dari SKD ini dapat menentukan apakah peserta dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) atau tidak.

Skor minimum (passing grade) biasanya ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan harus dipenuhi agar peserta bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Kisi-Kisi Resmi SKD CPNS 2024 Terbaru

Berikut ini kisi-kisi resmi SKD CPNS 2024 Tebaru yang bisa kamu pelajari dengan mudah dan cepat:

Tes Wawasan Kebangsaan

1. Nasionalisme

Mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

2. Integritas

Mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

3. Bela negara

Mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

4. Pilar negara

Mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika

5. Bahasa negara

Mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Tes Intelegensi Umum

1. Kemampuan Verbal

Kemampuan penalaran verbal adalah tes untuk mengukur kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis. Seperti, Analogi, Silogisme, Analitis

2. Kemampuan Numerik

Penalaran numerikal adalah tes untuk mengukur kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Seperti Berhitung, Deret angka, Perbandingan kuantitatif dan Soal cerita.

3. Kemampuan Figural

Penalaran figural adalah tes untuk mengukur kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis Seperti Analogi, Ketidaksamaan, Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Tes Karakteristik Pribadi

1. Pelayanan publik

mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

2. Jejaring kerja

Mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

3. Sosial budaya

Mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.

4. Teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK)

Mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

5. Profesionalisme

Mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan Jabatan.

6. Anti-radikalisme

Menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti-radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.