sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Ketahui bagaimana cara daftar PPPK 2024 dengan baik. Mengingat pendaftarannya yang akan dibuka sebentar lagi.

Oleh sebab itu pastikan untuk mengetahui dengan baik langkah-langkahnya. Jangan sampai di hari pendaftaran salah langkah.

Cara Daftar PPPK 2024

Untuk bisa menjadi bagian dari pegawai pemerintahan, ada yang namanya tes PPPK. Begini cara agar kamu dapat mengikutinya, yaitu:

1. Registrasi Akun di SSCASN

Langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu dengan membuat akun. Registrasi ini bisa langsung dilakukan pada portal SSCASN.

Caranya cukup dengan membuka situs resmi, klik registrasi, isi data diri. Selanjutnya akan diarahkan untuk buat password dan verifikasi akun.

2. Melakukan Login dan Pilih Formasi

Cara selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu dengan login dan pilih formasi. Pakai NIK dan password yang sebelumnya sudah dibuat.

Beberapa tahapannya, yaitu dengan pilih menu daftar, pilih instansi dan formasi. Terakhir isi dengan lengkap pendaftaran.

Dalam tahap pengisian data diri, sesuaikan semuanya dengan dokumen asli. Periksa kembali setelah melakukan pengisian, sehingga resiko kesalahan bisa dihilangkan.

3. Mengunggah Dokumen

Apabila semua formulir yang diberikan sudah diisi dengan lengkap. Lanjutkan dengan mengunggah semua dokumen yang diminta.

Namun, sebelumnya pastikan untuk melihat aturan yang ditetapkan BKN. Pasalnya ada beberapa dokumen yang formatnya ditentukan dan harus sesuai.

Jangan lupa juga untuk melakukan scan dokumen dengan baik dan benar. Pastikan bahwa hasilnya terlihat jelas dan bisa dibaca.

4. Memeriksa Kartu Pendaftaran

Terakhir, kamu harus memeriksa kartu pendaftaran. Hal ini bisa dilakukan setelah semua syarat dan dokumen yang diminta selesai diunggah.

Penting untuk menyimpannya, karena saat tes akan diminta oleh panitia. Jadi, pastikan juga untuk segera mencetaknya.

Tips Lulus PPPK 2024

Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan pendaftaran, kamu juga harus tahu tips lulusnya. Mengingat banyaknya jumlah pesaing di tiap tahun, begini tipsnya.

1. Mempelajari Kisi-Kisi Materi

Hal yang perlu untuk digaris bawahi sebelum melakukan tes. Persiapkan diri dengan belajar kisi-kisi tes PPPK dengan baik.

Cari tahu apa saja perkiraan soal yang akan diujikan nantinya. Langkah ini sangat efektif ketimbang belajar kebut semalam.

Menggunakan sistem belajar rutin dan terus dicicil akan membuat kamu terbiasa dengan soal. Nalar serta logika pun akan mudah terasah.

2. Manajemen Waktu

Tips lainnya yang penting untuk persiapan tes adalah manajemen waktu. Kamu harus tahu kapan waktunya belajar dan istirahat.

Terlalu memforsir jam istirahat untuk belajar bukanlah hal baik. Buat jadwal teratur yang seimbang sehingga hasilnya memuaskan.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Makan makanan sehat dan olahraga teratur bisa membuat tubuh lebih sehat. Hal ini sangat penting dan mempengaruhi tes.

Tubuh yang lemah dan tidak sehat, akan membawa dampak buruk untuk konsentrasi. Seseorang akan kesulitan untuk fokus saat ujian.

Oleh sebab itu, seimbangkan kegiatan harian dengan olahraga. Banyak minum air putih juga bisa menyehatkan badan.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Bersaing dalam tes PPPK kerap membuat siapapun menjadi mudah stres. Akan tetapi tidak ada baiknya untuk memikirkannya secara berlebihan.

Jika kamu sedang merasakan tekanan akibat tes, maka segera untuk mencari relaksasi. Jangan biarkan pikiran tertekan hingga akhirnya merasa stres.

Kesehatan mental menjadi salah satu penyebab seseorang lolos dalam tes. Oleh sebab itu kelola dengan baik mental sehingga tetap tenang selama ujian.

Bagaimana sangat mudah bukan cara daftar PPPK 2024? Selain itu, kamu juga harus tahu tips sukses untuk menghadapi ujian, persiapkan dengan baik agar hasilnya memuaskan.