sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Pihak Terminal Bus Kampung Rambutan menyebutkan nantinya akan dibuat penitipan barang di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur bagi calon penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Lokasi penitipan barang di Terminal Kampung Rambutan ini akan ditempatkan di depan kantor pengelola terminal atau di samping pos keamanan terpadu.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni, mengatakan bahwa fasilitas tersebut bertujuan untuk memudahkan penumpang yang hendak membeli tiket di lantai dua terminal tanpa harus membawa barang bawaannya. Fasilitas ini diberikan secara gratis kepada calon penumpang.

“Biasanya dikarenakan penumpang selalu kerepotan bawa barang bawaan saat naik ke lantai dua, maka disedaiakanlah penitipan barang ini. Penitipan barangnya juga tidak dipungut biaya alias gratis,” ujar Yulza, Rabu (2/10).

Tujuan Dibangunnya Penitipan Barang di Terminal Kampung Rambutan

Selain memberikan kemudahan, Yulza menambahkan bahwa fasilitas penitipan barang ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pemaksaan “jasa” angkut barang oleh oknum PO Bus atau preman yang kerap memeras penumpang dengan meminta bayaran tidak resmi.

Sementara itu, Kasatpel UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan, menjelaskan bahwa fasilitas ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Terminal Kampung Rambutan.

Fasilitas tersebut sudah bisa digunakan mulai pekan ini.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan penumpang yang mana tiket berada di lantai 2, tanpa harus susah membawa barang bawaan,” jelas Syamsul.

Rencana Pembangunan Escalator

Lebih lanjut, Syamsul menyebutkan bahwa pihaknya juga telah mengusulkan kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk memasang escalator yang akan memudahkan penumpang naik turun ke loket tiket di lantai dua.

“Harapannya, fasilitas escalator ke lantai dua bisa direalisasikan pada 2025,” imbuhnya.