sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Proses evakuasi ular sanca di Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi perhatian publik setelah video kejadian tersebut ramai beredar di media sosial, Selasa (21/5/2024).

Ular tersebut ditemukan melilit di pohon di pinggir Jalan Yos Sudarso, menarik perhatian warga dan pengguna jalan yang melintas.

Berdasarkan unggahan video pada akun Instagram @jakut.info hari ini, terlihat petugas pemadam kebakaran (damkar) telah menangkap bagian kepala ular menggunakan alat khusus, sementara petugas lainnya berusaha menarik bagian ekor ular yang melilit erat di dahan pohon.

“Ular jenis piton yang melilit pohon membuat geger pengguna jalan di Jalan Yos Sudarso Kav 33 Tanjung Priok Jakarta Utara. Ular itu akhirnya bisa diamankan Damkar Tanjung Priok,” dalam keterangan tertulisnya.

Warga sekitar turut serta membantu proses evakuasi, menarik dahan pohon dan ular untuk memudahkan pelepasan.

Kejadian ini juga menarik banyak warga yang merekam momen tersebut dengan ponsel mereka, serta beberapa pengguna jalan yang berhenti untuk menyaksikan dari dekat.

Kepala Seksi Operasi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara, Abdul Wahid, mengonfirmasi bahwa insiden tersebut terjadi pada Selasa pagi sekitar pukul 09.30 WIB di Jalan Yos Sudarso Kav 33, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok.

“Ular berada di atas pohon dekat trotoar jalan. Salah satu sekuriti melihat dan melaporkan ke pihak damkar,” ujar Wahid.

Wahid menyebutkan bahwa ular sanca tersebut memiliki panjang sekitar 4 meter.

Ular ini dievakuasi karena keberadaannya yang meresahkan pengguna jalan dan warga sekitar.

Evakuasi berhasil dilakukan berkat kerja sama antara petugas damkar dan warga setempat yang sigap membantu.