sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Sudin KPKP Jakut gelar Webinar “Kupas Tuntas Pilih Hewan Kurban Tepat dan Cepat” untuk mengedukasi masyarakat jelang Idul Adha, Selasa (4/6/2024).

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara menyelenggarakan webinar bertajuk “2024 Kupas Tuntas Pilih Hewan Kurban Tepat dan Cepat” secara virtual melalui Zoom Meeting.

Webinar ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta, dengan tujuan untuk menyosialisasikan pengendalian tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban, serta memastikan kesehatan dan kehalalan hewan kurban.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati, menekankan pentingnya webinar ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas.

“Kami berharap peserta webinar dapat menyebarluaskan informasi yang didapat,” ujarnya.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 252 lokasi penampungan atau penjualan hewan kurban di DKI Jakarta.

Petugas KPKP terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk memastikan keamanan, kesehatan, keutuhan, dan kehalalan daging kurban yang diterima oleh para mustahik.

“Hewan kurban yang mencurigakan, seperti terjangkit Anthrax, tidak sesuai umur, atau memiliki kondisi lainnya, akan dipisahkan atau ditandai,” jelas Eliawati.

Dia juga mengingatkan kepada petugas lapangan dan pemilik/penjual hewan kurban untuk memastikan pengolahan limbah hewan kurban dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku, guna menghindari masalah di masyarakat.

“Jakarta Utara sudah menunjukkan performa yang baik dalam hal kondisi hewan kurban dan pengolahan limbahnya. Diharapkan tahun ini dapat lebih ditingkatkan,” imbuhnya.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto, menambahkan bahwa peserta webinar terdiri dari pengurus Dewan Masjid Indonesia, pengurus musala, petugas teknis lapangan Sudin KPKP, unsur kelurahan dan kecamatan di Jakarta Utara, serta masyarakat umum.

“Dalam webinar ini, para peserta diberikan pembekalan terkait pemilihan hewan kurban, proses pemotongan hewan, perhitungan hasil daging, hingga cara menangani hewan kurban setelah penyembelihan sesuai syariat Islam,” tambahnya.

Narasumber yang hadir dalam webinar ini adalah Dosen Fakultas Peternakan IPB, Muhammad Baihaqi, yang merupakan pakar di bidang peternakan.

Manfaat Webinar Kupas Tuntas Pilih Hewan Kurban Tepat dan Cepat 2024

  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemilihan hewan kurban yang tepat dan berkualitas
  • Memastikan kesehatan dan kehalalan hewan kurban
  • Mempelajari tata cara pemotongan hewan kurban yang sesuai syariat Islam
  • Mengetahui cara menangani limbah hewan kurban dengan baik dan benar