sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan membagikan 2.000 bongsang berisi daging kurban kepada para mustahik sebagai bentuk komitmennya dalam membantu warga yang membutuhkan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka perayaan Idul Adha.

Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Ali Murthadho, menjelaskan bahwa setiap bongsang berisi 1,5 kilogram daging sapi atau kambing.

“Hasil pemotongan sekitar 33 sapi dan 60 kambing akan diberikan kepada warga dan itu sudah termasuk sapi yang dibawa oleh Pj Gubernur DKI Jakarta,” ucap Ali pada Selasa (18/6/2024).

Ali juga memastikan bahwa semua hewan kurban telah diperiksa kesehatannya dan kelayakannya sesuai dengan syariat Islam. Proses penyembelihan dilakukan dengan bantuan alat perebah sapi modern untuk memastikan kelancaran dan kemudahan.

“Sudah diterjunkan 100 petugas yang akan memotong daging kurban. Selain itu para petugas juga diamanahkan untuk membagi (daging kurban) pada warga,” ujarnya.

Daging kurban tersebut juga akan dibagikan kepada petugas Penyediaan Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) Pasukan Pelangi, yang turut berperan dalam menjaga kebersihan kota.

“Kita targetkan sore ini jam 17.00 selesai semua. Semoga semua prosesnya berjalan dengan lancar sampai akhir, memberikan keberkahan dan kemanfaatan,” terang Ali.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan A. Sidabalok, menambahkan bahwa organ dalam hewan kurban tidak dibagikan, melainkan dikubur di tempat yang sudah disiapkan.

Ia menutup dengan mengatakan bahwa semua proses penyembelihan hewan kurban sudah sesuai syariat, pencacahan daging pun juga sudah sesuai dan bersih, serta sudah dipilih untuk pembungkusnya yang ramah lingkungan.