sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Petugas Damkar Bogor dengan sigap menangkap ular Sanca 4 meter di Cilendek saat masuk rumah warga.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Damkar Kota Bogor, M Ade Nugraha, menjelaskan bahwa pemilik rumah, Wawan, menemukan ular sanca tersebut pada Selasa (6/8/2024) siang.

Wawan segera menghubungi Damkar untuk meminta bantuan evakuasi.

“Ular sudah berada dalam rumah posisinya. Pemilik rumah kaget dan tidak menyangka adanya ular sanca tersebut,” kata Ade Nugraha, Rabu (7/8/2024).

Proses Evakuasi Ular Sanca 4 Meter di Cilendek

Ade menduga ular tersebut berasal dari kebun samping rumah. Setelah menerima laporan, tim Damkar segera mendatangi lokasi kejadian dengan membawa peralatan rescue untuk menangani ular tersebut.

“Tim Damkar langsung evakuasi ular Sanca tersebut setelah ada laporan dari pemilik rumah. Diduga ular keluar dari kebun samping rumah,” jelas Ade.

Tim rescue berhasil mengevakuasi ular sanca tersebut dalam keadaan hidup. Ular tersebut kemudian dibawa ke markas Damkar Kota Bogor untuk dikoordinasikan lebih lanjut dengan pecinta reptil dan instansi terkait.

“Dengan menggunakan peralatan rescue, tim damkar menangkap ular sanca tersebut yang diketahui panjangnya mencapai 4 meter,” lanjut Ade.

Koordinasi dengan Pecinta Reptil

Selanjutnya, ular sanca tersebut akan dikoordinasikan dengan pecinta reptil dan instansi terkait untuk tindakan lanjutan.

“Pada saat penangkapan ular dalam keadaan hidup dan kami bawa ke Mako Damkar. Untuk tindak lanjutnya, pihak kami berkoordinasi dengan pecinta reptil dan instansi,” tutupnya.

Ade menghimbau untuk warga yang tinggal berdekatan dengan kebun atau area hutan diharap selalu waspada dan segera melapor pada tim Damkar untuk dilakukan penanganan sebelum terjadi korban.