sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Rizki Juniansyah, lifter muda asal Indonesia, mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih medali emas di Olimpiade 2024 untuk cabang angkat besi nomor 73 kg.

Berlaga di Paris Expo Porte de Versailles, Jumat dini hari WIB, Rizki berhasil mengukir sejarah dengan total angkatan 354 kg, sekaligus memecahkan rekor Olimpiade.

Pada angkatan snatch, Rizki memulai dengan beban 155 kg.

Meskipun sempat gagal pada percobaan pertama, lifter berusia 21 tahun ini menunjukkan ketenangannya dan berhasil mengangkat beban tersebut pada percobaan kedua.

Angkatan Rizki ini langsung melewati catatan milik Dimitrov Bozhidar dari Bulgaria, tetapi kemudian disamai oleh lifter Kolombia, Luis Mosquera.

Sementara itu, Masanori Miyamoto dari Jepang dan Muhammed Ozbek dari Turki gagal menyamai catatan Rizki pada percobaan ketiga.

Lifter China, Shi Zhiyong, menjadi satu-satunya pesaing yang mampu melampaui angkatan Rizki pada kategori snatch dengan mengangkat beban 161 kg pada percobaan pertama dan kemudian meningkatkan angkatannya menjadi 165 kg.

Rizki sendiri gagal melewati angkatan Shi Zhiyong setelah gagal mengangkat beban 162 kg pada percobaan ketiga.

Namun, pada kategori clean & jerk, Rizki kembali menunjukkan keunggulannya.

Kemenangan Sabet Medali Emas Olimpiade 2024

Dia sukses mengangkat beban 191 kg pada percobaan pertama, membawa total angkatannya menjadi 346 kg, melampaui lifter lainnya dan menempatkannya di puncak klasemen sementara.

Sementara itu, Shi Zhiyong, yang menjadi pesaing terdekat Rizki, gagal mengangkat beban 191 kg dalam tiga percobaan.

Pada percobaan kedua, Rizki berhasil mengangkat beban 199 kg, memastikan dirinya meraih medali emas dengan total angkatan 354 kg, yang sekaligus memecahkan rekor Olimpiade untuk nomor 73 kg.

Lifter Thailand, Weeraphon Wichuma, harus puas dengan medali perak setelah mencatatkan total angkatan 346 kg, sementara Dimitrov Bozhidar dari Bulgaria meraih perunggu dengan total angkatan 344 kg.

Prestasi Rizki Juniansyah dalam Olimpiade 2024 ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga menempatkannya di jajaran atlet elite dunia dalam cabang angkat besi.

Kemenangan ini sekaligus menegaskan dominasi Indonesia di arena Olimpiade, khususnya dalam cabang olahraga angkat besi.