Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID- Emang apa beda 3 kartu seleksi CPNS 2024? Pada proses seleksi CPNS, pendaftar tidak hanya harus mempersiapkan dokumen dan syarat administrasi.

Pelamar harus tahu perbedaan fungsi dari 3 jenis kartu seleksi CPNS 2024.

Ada Kartu Pendaftaran dan Kartu Peserta Ujian CPNS 2024, dan kartu informasi Akun. Nah, apa bedanya? Berikut rincian perbedaanya:

Kartu Pendaftaran CPNS 2024

Kartu pendaftaran diperoleh setelah pelamar berhasil menyelesaikan proses pendaftaran CPNS secara online hingga tahap submit.

Kartu ini adalah bukti bahwa pelamar telah terdaftar sebagai peserta seleksi CPNS 2024.

1. Isi Kartu Pendaftaran

Kartu ini berisi informasi penting seperti:

  • Data diri pelamar (Nama, NIK, jenis kelamin, dll.).
  • Detail formasi yang dilamar seperti instansi, posisi jabatan, dan lokasi penempatan.
  • Tanggal dan waktu pendaftaran.
  • Kualifikasi pendidikan dan jenis seleksi yang diikuti.

Kartu pendaftaran juga menunjukkan bahwa pelamar telah memenuhi persyaratan administrasi awal dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

2. Fungsi Kartu Pendaftaran

Bukti resmi bahwa peserta sudah mendaftarkan diri dalam seleksi CPNS. Digunakan untuk memantau status lamaran, termasuk untuk tahapan verifikasi dan seleksi selanjutnya seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kartu Peserta Ujian CPNS 2024

Kartu Peserta Ujian CPNS 2024 adalah salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki dan dibawa oleh pelamar saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Untuk mendapatkan kartu ini, pelamar harus menunggu hingga masa sanggah dan verifikasi sanggah selesai.

1. Waktu Pencetakan Kartu Peserta Ujian

Berdasarkan informasi dalam gambar, kartu peserta ujian CPNS 2024 baru bisa dicetak setelah masa sanggah selesai, yaitu setelah tanggal 29 September 2024.

Jadi, para pelamar harus menunggu sampai waktu tersebut untuk mengakses dan mencetak kartu peserta ujian mereka.

2. Cara Mencetak Kartu Peserta Ujian

Tombol cetak kartu peserta ujian akan tersedia di akun pelamar di portal SSCASN setelah masa sanggah dan verifikasi sanggah berakhir.

Pelamar disarankan untuk terus memantau akun SSCASN mereka dan memastikan untuk mencetak kartu ini tepat waktu, karena kartu tersebut adalah syarat utama untuk mengikuti SKD.

Kartu Informasi Akun CPNS 2024

Kartu ini diperoleh setelah pelamar membuat akun di portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara).

Fungsinya Sebagai bukti bahwa pelamar sudah memiliki akun SSCASN dan siap melakukan pendaftaran.

Kartu ini berisi informasi dasar pelamar, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan tanggal pembuatan akun.

Kartu ini juga menandakan bahwa pelamar telah berhasil membuat akun untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Informasi di gambar ini menekankan pentingnya mengetahui perbedaan fungsi dari ketiga kartu ini, karena setiap kartu memiliki peran yang berbeda dalam tahapan seleksi CPNS 2024.

Pelamar diingatkan untuk selalu memantau akun SSCASN dan memastikan mereka mencetak Kartu Peserta Ujian setelah masa sanggah selesai untuk bisa mengikuti tahap SKD.