Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Bansos KLJ DKI Jakarta 2025 kapan cair pada tahap 1 ke penerimanya yang merupakan lansia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui program KLJ.

Pada awal tahun 2025 ini bansos KLJ akan disalurkan bagi penerima yang memenuhi kriteria dengan nominal sebesar Rp600 ribu per bulannya.

Bansos KLJ DKI Jakarta 2025 Kapan Cair

Bansos KLJ ini merupakan bagian dari bantuan sosial guna pemenuhan kebutuhan dasar yang nantinya diberikan kepada warga DKI yang lanjut usia.

Penerima bansos KLJ ini adalah yang memiliki umur minimal 60 tahun di DKI Jakarta dan tergolong miskin atau rentan miskin.

Program ini memiliki tujuan membantu para lansia untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pokok mereka.

Pada tahap 1 ini pencairannya akan dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2025 dengan nominal Rp600.000 yang akan disalurkan langsung ke rekening Bank DKI.

Syarat Penerima KLJ DKI Jakarta 2025

Bagi yang ingin menerima bansos KLJ 2025 harus memenuhi kriteria sebagai berikut ini.

  • Usia minimal 60 tahun.
  • Berdomisili di wilayah DKI Jakarta dengan KTP yang sah.
  • Nama terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
  • Tidak memiliki penghasilan tetap atau tergolong tidak mampu.
  • Tidak menerima bantuan sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Cara Cek Status Penerima KLJ DKI Jakarta 2025

Untuk yang ingin mengetahui status penerima KLJ DKI Jakarta 2025 bisa mengecek lewat HP, caranya berikut ini.

  • Buka website siladu.jakarta.go.id.
  • Masukkan NIK KTP pada kolom pencarian.
  • Klik tombol “Cek” untuk melihat data status penerima.
  • Jika nama penerima tidak tercantum, artinya Anda tidak memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan KLJ.

Cara Klaim Dana KLJ 2025 Tahap 1

Untuk dapat mengklaim dana bansos KLJ DKI Jakarta 2025 bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Verifikasi data penerima terlebih dahulu.
  • Jika terdaftar, Dinsos akan mengirimkan surat undangan ke alamat rumah yang berisi jadwal dan lokasi pengambilan.
  • Siapkan dokumen yang harus dibawa seperti:
  1. KTP asli.
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Surat undangan dari Dinas Sosial.
  • Setelahnya aktivasi rekening Bank DKI dengan cara:
  1. Datangi kantor cabang Bank DKI terdekat.
  2. Serahkan dokumen seperti KTP dan kartu KLJ kepada petugas bank.
  • Ikuti proses aktivasi hingga selesai.

Dana bansos akan ditransfer langsung ke rekening atau bisa mencairkan melalui ATM Bank DKI, agen resmi atau langsung di kantor cabang Bank DKI.