Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA. ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan sejumlah kereta api baru seiring pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 mulai 1 Februari 2025.

Gapeka adalah panduan pengaturan perjalanan kereta yang memuat informasi mengenai stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi kereta api.

Anne Purba, VP Public Relations KAI, menyatakan bahwa pemberlakuan Gapeka 2025 diharapkan meningkatkan jumlah pelanggan melalui berbagai peningkatan layanan, seperti waktu perjalanan yang lebih cepat dan penambahan jumlah perjalanan kereta api.

Daftar Kereta Api Baru Gapeka 2025

Beberapa kereta api baru akan melayani relasi tertentu, bahkan ada yang beroperasi hanya pada hari-hari tertentu (fakultatif).

Berikut daftar kereta api baru berdasarkan Gapeka 2025:

Kereta Api Baru

1. KA Madiun Jaya

Relasi: Pasar Senen–Madiun PP

2. KA Gunung Jati

Relasi: Gambir–Cirebon PP, Gambir–Semarang Tawang PP

3. KA Cakrabuana

Relasi: Gambir–Cirebon PP, Gambir–Purwokerto PP

4. KA Argo Anjasmoro Fakultatif

Relasi: Gambir–Surabaya Pasar Turi PP

5. KA Ijen Ekspres Fakultatif

Relasi: Malang–Ketapang PP

Penambahan Jumlah Perjalanan

1. KA Harina Pagi

Relasi: Bandung–Cikampek–Surabaya Pasar Turi PP

2. KA Sancaka Utara Fakultatif

Relasi: Cilacap–Solo Balapan–Surabaya Pasar Turi PP

3. KA Purwojaya Fakultatif

Relasi: Gambir–Kroya–Cilacap PP

4. KA Tawangjaya Premium

Relasi: Pasar Senen–Semarang Tawang PP

5. KA Argo Merbabu

Relasi: Gambir–Semarang Tawang PP

6. KA Pangrango

Relasi: Sukabumi–Bogor PP

7. KA Taksaka

Relasi: Gambir–Yogyakarta PP

8. KA Sawunggalih

Relasi: Pasar Senen–Kutoarjo PP

9. KA Menoreh

Relasi: Pasar Senen–Semarang Tawang PP

Peningkatan Pelayanan untuXk Penumpang

Anne Purba menjelaskan bahwa penambahan kereta api baru dan rute baru pada Gapeka 2025 memberikan lebih banyak pilihan perjalanan bagi masyarakat.

Selain itu, perjalanan menjadi lebih cepat dan efisien.

“Kami ingin memastikan pengalaman perjalanan kereta api semakin nyaman bagi pelanggan melalui inovasi layanan dan penambahan perjalanan baru,” ujarnya.