Contoh Soal Simulasi Tes UTBK 2025 Super Lengkap, Panduan Lengkap Persiapan UTBK-SNBT 2025

HAIJAKARTA.ID – Contoh soal simulasi tes UTBK semakin banyak dicari oleh para calon peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2025.
Dengan persaingan yang ketat, latihan menggunakan soal-soal simulasi menjadi salah satu strategi utama untuk meningkatkan kesiapan menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Enam Hari Menjelang UTBK 2025, Waktu Semakin Mepet!
Hanya tersisa enam hari lagi menuju pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2025. Tes tahap pertama ini akan digelar pada Rabu, 23 April 2025.
Ribuan calon mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia kini tengah bersiap menaklukkan soal-soal demi meraih kursi di perguruan tinggi impian.
UTBK-SNBT 2025 akan menguji kemampuan peserta melalui 160 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 195 menit atau setara dengan 3 jam 15 menit.
Soal tersebut dibagi menjadi dua komponen utama: Tes Potensi Skolastik (TPS) sebanyak 90 soal dan Tes Literasi serta Penalaran Matematika sebanyak 70 soal.
Dua jenis tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif, literasi, serta penalaran peserta sebagai indikator kesiapan mengikuti pendidikan tinggi.
Contoh Soal Simulasi Tes UTBK Jadi Panduan Latihan Efektif
Tes Potensi Skolastik
Penalaran Umum
1. Buah bit dianggap sebagai buah yang banyak memberikan manfaat karena memiliki kalori yang rendah. Namun, buah bit memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Mengonsumsi buah bit terlalu banyak dapat memicu peningkatan sekresi oksalat yang berkontribusi pembentukan batu ginjal. Untuk itu, jika memiliki batu ginjal, sebaiknya kita tidak mengonsumsi buah bit secara berlebihan.
Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI SALAH?
A. Buah bit banyak dikonsumsi karena memiliki kalori yang rendah.
B. Kandungan oksalat pada buah bit menyebabkan batu ginjal.
C. Konsumsi buah bit berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
D. Konsumsi buah bit tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan.
E. Walaupun dapat menyebabkan batu ginjal, buah bit tidak akan mengganggu pencernaan.
Jawaban: D. Konsumsi buah bit tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan.
Pembahasan: Disajikan empat informasi yang saling terkait. Jawaban D adalah pernyataan yang PASTI SALAH. Dalam informasi disebutkan bahwa konsumsi buah bit yang berlebihan akan menyebabkan peningkatan risiko terkena penyakit batu ginjal sehingga jawaban D pasti salah.
2. Pakar energi A menyatakan, “Walaupun ramah lingkungan, mobil listrik masih membutuhkan energi batu bara.”
Pakar energi B menyatakan, “Penggunaan mobil listrik efektif mengurangi tingkat polusi di ibu kota.”
Data menunjukkan penggunaan mobil listrik masih belum meningkat karena harganya yang mahal.
Manakah pernyataan berikut yang PALING TEPAT mengenai data tersebut?
A. Memperkuat pernyataan pakar energi A.
B. Memperlemah pernyataan pakar energi A.
C. Memperkuat pernyataan pakar energi B.
D. Memperlemah pernyataan pakar energi B.
E. Tidak relevan dengan pernyataan pakar energi A dan B.
Jawaban: E. Tidak relevan dengan pernyataan pakar energi A dan B.
Pembahasan: Data yang disampaikan lebih fokus pada harga yang mahal sehingga tidak relevan dengan pernyataan yang disampaikan pakar energi A dan B.
3. Jumlah siswa perempuan yang mengunjungi perpustakaan sekolah selama lima hari berturut-turut adalah 16, 19, 24, 27, dan 32. Sementara itu, jumlah siswa laki-laki yang berkunjung selama lima hari yang sama adalah 8, 8, 9, 11, dan 14. Jika tren kunjungan tersebut bersifat konstan, berapa jumlah siswa berkunjung ke perpustakaan pada hari ke-6?
A. 35 dan 17
B. 35 dan 18
C. 37 dan 17
D. 37 dan 18
E. 39 dan 19
Jawaban: B. 35 dan 18
Pembahasan:
Pola kunjungan siswa perempuan: +3, +5, +3, +5 → Jumlah kunjungan hari ke-6 = 35.
Pola kunjungan siswa laki-laki: +0, +1, +2, +3 → jumlah kunjungan hari ke-6 = 18.
Pengetahuan dan Pemahaman Umum
1. (1) Kacang merah memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia jika diolah secara benar. (2) Kacang merah kering merupakan sumber folasin. (3) Folasin adalah zat gizi esensial yang mampu mengurangi risiko kerusakan pada pembuluh darah. (4) Kacang merah memiliki kemampuan untuk mengurangi kerusakan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, berkurangnya konsentrasi gula darah, dan menurunkan risiko kanker usus besar.(5) Kandungan lemak dan natrium yang dimiliki kacang merah sangat rendah, nyaris bebas lemak jenuh dan kolesterol. (6) Sebaliknya, kacang merah justru merupakan sumber serat yang baik. (7) Dalam 100 gram kacang merah kering dapat menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat larut air dan serat yang tidak larut air. (8) Serat yang larut air mampu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah. (9) Namun, di sisi lain, kacang merah memproduksi gas dalam usus yang membuat perut kembung.
(Diadaptasi dari buku Pengaruh Makanan terhadap Kesehatan)
Bentuk ke-an pada kata kesehatan dalam kalimat (1) mempunyai kesamaan makna dengan….
A. Ilmu kelautan berperan penting dalam memajukan wilayah dengan banyak pulau.
B. Penduduk yang mendiami kepulauan tersebut sangat ramah dengan para pendatang.
C. Hampir semua bajunya sudah kekecilan sehingga dia sering membeli baju baru.
D. Pertemuan rutin bulan ini akan dilaksanakan di kediaman kepala desa.
E. Kesejahteraan masyarakat desa itu terlihat dari megahnya rumah penduduknya.
Jawaban: E. Kesejahteraan masyarakat desa itu terlihat dari megahnya rumah penduduknya.
Pembahasan: Kata kesejahteraan memiliki makna ‘keadaan’ seperti pada kata kesehatan.
2. Banna dikata da : ‘Kakak datang’
Sela dikata da : ‘Kakak makan’
Banna makuta jea : ‘Adik datang’
Bagaimana cara mengatakan ‘Adik makan’?
A. Sela makuta da
B. Sela dikata jea
C. Sela makuta jea
D. Banna makuta da
E. Banna dikata jea
Jawaban: C. Sela makuta jea
Pembahasan:
Kakak: dikata da
Adik: makuta jea
Datang: banna
Sela: makan
Jawaban C memenuhi pola kalimat dan kesesuaian makna kata dari bahasa tersebut.
Pemahamann Bacaan dan Menulis
1. Perhatikan teks berikut.
(1) Sekarang olahraga sangat diminati semua kalangan, baik pria maupun wanita. (2) Oleh karena itu, sepakbola juga tidak hanya diminati oleh kalangan pria, tetapi juga wanita.(3) Akan tetapi, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masih membuka kegiatan tersebut untuk pria (siswa). (4) Wanita (siswi) perlu diberi kesempatan juga agar ada kesetaraan antar siswa. (5) Untuk itu, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak perlu dilakukan.
Penulisan kata yang salah terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Jawaban: B. (2)
Pembahasan: Penulisan kata sepakbola salah; seharusnya dipisah(sepak bola).
2. (1) Perubahan iklim terhadap kualitas udara di dunia selalu dilaporkan oleh World Meteorological Organization (WMO) setiap tahun. (2) Menurut …, musim panas tahun 2022 merupakan musim panas terpanas yang pernah tercatat di Eropa. (3)Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023. (4) Gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah. (5) Ratusan lokasi pemantauan kualitas udara melampaui tingkat pedoman kualitas udara ozon WHO, yakni sebesar 100 mikron per meter kubik untuk paparan selama delapan jam. (6) Hal ini pertama kali terjadi di barat daya Eropa, bergeser ke Eropa tengah, dan kemudian menyebar ke seluruh benua.(7) Selama paruh kedua Agustus 2022, terjadi intrusi debu gurun, yang sangat tinggi di Mediterania dan Eropa. (8) Campuran suhu tinggi, jumlah aerosol yang tinggi, dan juga kandungan PM 2,5 berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan manusia.
(contoh soal isian)
Penggunaan tanda koma yang salah terdapat pada kalimat ……
Jawaban: 7
Pembahasan: Tidak diperlukan tanda koma di antara kata debu gurun dan yang sangat tinggi. Kata sifat dan kata yang disifati tidak memerlukan tanda koma.
Pengetahuan Kuantitatif
1. Perhatikan kumpulan data b, -7, 3, -5
Pernyataan mana saja yang bernilai benar berdasarkan data di atas?
1. Rata-rata kumpulan data tersebut -5 jika b = -11
2. Median kumpulan data tersebut -6 jika b = -7
3. Modus kumpulan data tersebut -5 jika b = -5
4. Jangkauan kumpulan data tersebut 3 jika b = -8
A. (1), (2), dan (3) SAJA yang benar.
B. (1) dan (3) SAJA yang benar.
C. (2) dan (4) SAJA yang benar.
D. HANYA (4) yang benar.
E. SEMUA pilihan benar.
Jawaban: A. (1), (2), dan (3) SAJA yang benar.
Pembahasan: Bila dihitung per pernyataan yakni:
1. Jika b = -1, rata-rata kumpulan data tersebut = -11 + (-7) + (-5) + 3 / 4 = -5, jadi pernyataan 1 benar.
2. Jika b = -7, median kumpulan data tersebut -7 + (-5) / 2 = -6. Jadi, pernyataan 2 benar.
3. Jika b = -5, modus kumpulan data tersebut -5 karena muncul paling banyak. Jadi, pernyataan 3 benar.
4. Jika b = -8, jangkauan kumpulan data tersebut 3 – (-8) = 11, bukan 3. Jadi pernyataan 4 salah.
2. Nilai minimum fungsi kuadrat f adalah -8 dan grafik fungsi tersebut melalui titik (-1,0) dan titik (3,0). Grafik fungsi tersebut juga melalui titik (4,b) dengan b = ….
A. 42
B. 21
C. 10
D. 5
E. 0
Jawaban: C. 10
Pembahasan:
b=a(x+1)(x-3)
Absis titik minimum adalah 1.
Diperoleh a=2.
Persamaannya adalah b=2(x+1)(x-3).
Jika x=4, maka b=10.
Tes Literasi
Literasi dalam Bahasa Indonesia
Teks berikut untuk soal 1 dan 2
Bu Mus adalah seorang guru yang pandai, kharismatik, dan memiliki pandangan jauh ke depan. Beliau menyusun sendiri silabus pelajaran Budi Pekerti dan mengajarkan kepada kami sejak dini pandangan-pandangan dasar moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak-hak asasi-jauh hari sebelum orang-orang sekarang meributkan soal materialisme versus pembangunan spiritual dalam pendidikan. Kami diajarkan menggali nilai luhur di dalam diri sendiri agar berperilaku baik karena kesadaran pribadi.
Pada suatu kesempatan, karena masih kecil tentu saja, kami sering mengeluh mengapa sekolah kami tak seperti sekolah-sekolah lain. Terutama, atap sekolah yang bocor dan sangat menyusahkan saat musim hujan. Beliau tak menanggapi keluhan itu, tapi mengeluarkan sebuah buku berbahasa Belanda dan memperlihatkan sebuah gambar.
Gambar itu adalah sebuah ruangan yang sempit, dikelilingi tembok tebal yang suram, tinggi, gelap, dan berjeruji. Kesan di dalamnya begitu pengap, angker, penuh kekerasan dan kesedihan.”Inilah sel Pak Karno di sebuah penjara di Bandung, di sini Beliau menjalani hukuman dan setiap hari belajar, setiap waktu membaca buku. Beliau adalah salah satu orang tercerdas yang pernah dimiliki bangsa ini.”Bu Mus tak melanjutkan ceritanya.
Kami tersihir dalam senyap. Mulai saat itu, kami tak pernah memprotes keadaan sekolah kami. Pernah suatu ketika hujan turun sangat lebat, petir sambar-menyambar. Trapani dan Mahar memakai terindak, topi kerucut dari daun lais khas tentara Vietkong, untuk melindungi jambul mereka. Kucai, Borek, dan Sahara memakai jas hujan kuning bergambar gerigi metal besar di punggungnya dengan tulisan besar “UPT Bel” (Unit Penambangan Timah Belitong)-jas hujan PT Timah milik bapaknya. Kami sisanya hampir basah kuyup. Tapi kami sehari pun tak pernah bolos dan kami tak pernah mengeluh, tidak, sedikit pun kami tak pernah mengeluh.
(Diadaptasi dari Laskar Pelangi karya Andrea Herata)
1. Sesuai dengan bacaan, gambaran karakter Bu Mus yang paling tepat adalah seorang guru yang ….
A. Bertindak mandiri karena menyusun sendiri silabus mata pelajaran dan mengajarkannya sendiri
B. Memiliki wawasan luas karena mendidik moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak asasi
C. Berwawasan futuristik karena memberikan mata pelajaran yang pihak lain belum membicarakannya
D. Berbudi pekerti luhur karena mengajarkan mata pelajaran budi pekerti, moral, dan hukum
E. Memiliki kearifan lokal karena mengajari menggali nilai luhur dari diri sendiri
Jawaban: D. Berbudi pekerti luhur karena mengajarkan mata pelajaran budi pekerti, moral, dan hukum
Pembahasan: Jawaban D menggambarkan karakter tokoh berupa sifat tokoh dengan alasan sesuai dengan isi bacaan paragraf ke-1.
2. Tujuan Bu Mus menunjukkan dan menjelaskan gambar kondisi sel penjara Bung Karno yang sempit untuk menanggapi keluhan muridnya tentang kondisi sekolah adalah ….
A. Menggambarkan penderitaan Bung Karno melalui fasilitas yang sangat buruk dalam sel penjara
B. Menunjukkan penderitaan Bung Karno dalam proses memperjuangkan kemerdekaan
C. Menunjukkan Bung Karno merupakan salah satu orang tercerdas hasil pemenjaraan di sel yang buruk
D. Menggambarkan kesuraman sel penjara Bung Karno yang mengesankan kekerasan dan kesedihan
E. Membuktikan lokasi yang sangat buruk tetap bisa menguatkan tekad belajar Bung Karno
Jawaban: E. Membuktikan lokasi yang sangat buruk tetap bisa menguatkan tekad belajar Bung Karno
Pembahasan: Jawaban E merupakan pengontrasan fasilitas yang buruk dengan tekad belajar yang berujung pada keberhasilan hasil yang sangat baik.
Literasi dalam Bahasa Inggris
Perhatikan teks berikut untuk menjawab pertanyaan 1 dan 2
TEXT 1
An actor creates and performs a character by using cognitive empathy or Theory of Mind (ToM). It is the ability to represent others’ mental states. ToM plays a critical role in understanding and navigating social situations. Reflection into the character’s mental life depends on the actor’s approach to character performance. This may be an important part of the character-creation process. This process involves the exploration of the history, motivations, beliefs, and values of the character. This exploration often goes well beyond the information contained within the script. In other words, for many actors, creating a character involves a complex application of ToM, which includes several brain regions such as the temporoparietal junction and posterior cingulate/precuneus.
The temporoparietal junction works in processing and judgments of self and others. According to some studies, overcoming self-other interference and ToM is a deeply integrated process. Findings show that simulating others has been shown to influence self-knowledge. In this simulation, trait and memory measures become similar to a simulated other after adopting their perspective. Some brain regions are deactivated when trained actors use the first-person fictional perspective of a character to answer questions. This is in contrast to a situation when actors answered questions from their own perspective. It suggests that acting may involve the suppression of self-processing.
(Adapted from https://www.ncbi.nlm.nih.gov)
TEXT 2
According to a recent study, when actors take on a new character, they may be able to suppress their everyday self. This implies that theatre training may have a big impact on the fundamental mechanisms of the human brain. Researchers in this study worked in collaboration with Flute Theatre. They created and delivered interactive productions of Shakespeare for autistic individuals and their families. They used a series of sensory drama games, known as the Hunter Heartbeat Method.
The team used wearable brain imaging technologies and physiological measurement devices. They were first introduced at UCL’s Department of Biomedical Engineering. Both devices were used to evaluate the brain activity of actors as they rehearsed scenes from Shakespeare’s A Midsummer Night’s Dream.
The findings showed that when the actors heard their own name during the performance, their response was suppressed in the left anterior prefrontal cortex of the brain. This is usually associated with self-awareness. The same result was witnessed consistently in six actors who were tested when rehearsing several times over a week. Meanwhile, when the performers were not in acting conditions, they responded normally to hearing their own name.
According to the lead researcher, this is the first time that neuroscientists have been able to record brain activity in actors as they perform a role. We hope that this study will help us understand what theatre training does to the brain and to build new connections between neuroscientists and theatre professionals.
(Adapted from https://www.sciencedaily.com)
1. According to Text 1, cognitive empathy or ToM ….
A. Is an important skill for actors to suppress themselves to create a new character
B. Explores history, motivations, beliefs and values of a new character
C. Enables actors to use several brain regions to be professional acting coaches
D. Is a simulation implemented by actors to answer questions from others’ perspectives
E. Deactivates an actor’s brain regions to process information contained within a script
Jawaban: A. Is an important skill for actors to suppress themselves to create a new character
Pembahasan: “An important skill” mengacu pada kata “the ability” yang disebutkan pada text 1, paragraf 2, kalimat 2.
2. The results of the evaluation of actors’ brain activity when performing a character can be found in ….
A. Text 1 Paragraph 1 and Text 2 Paragraph 1
B. Text 1 Paragraph 2 and Text 2 Paragraph 3
C. Text 1 Paragraph 1 and Text 2 Paragraph 3
D. Text 1 Paragraph 2 and Text 2 Paragraph 4
E. Text 1 Paragraph 1 and Text 2 Paragraph 2
Jawaban: B. Text 1 Paragraph 2 and Text 2 Paragraph 3
Pembahasan: Kata kuncinya berhubungan dengan hasil penelitian (the research results) yang bisa ditemukan di Text 1 Paragraph 2 (brain regions) dan Text 2 Paragraph 3 (response was suppressed in the left anterior prefrontal cortex of the brain).
Penalaran Matematika
Diagram berikut menampilkan data mengenai populasi angkatan kerja di dua kecamatan yaitu A dan B pada tahun 2022 berdasarkan status bekerja, menganggur, dan tidak aktif secara ekonomi.
1. Diketahui populasi angkatan kerja di Kecamatan A adalah 15.000 orang, sedangkan di Kecamatan B adalah 10.000 orang.
Perbandingan angkatan kerja yang bekerja di Kecamatan A dengan yang bekerja atau menganggur dari kedua kecamatan adalah ….
A. 1 : 2
B. 3 : 8
C. 5 : 8
D. 15 : 38
E. 23 : 38
Jawaban: D. 15 : 38
Pembahasan: Jika dinyatakan dalam bentuk tabel, diagram di atas dapat dinyatakan sebagai berikut:
Jumlah angkatan kerja yang bekerja di Kecamatan A adalah 9.000 orang. Jumlah angkatan kerja yang aktif secara ekonomi (bekerja atau menganggur) dari kedua kecamatan adalah 14.400 + 8.400 = 22.800 orang.
Sehingga perbandingan yang dimaksud adalah 9.000 : 22.800 = 15 : 38
2. Diketahui populasi angkatan kerja di Kecamatan A adalah 15.000 orang, sedangkan di Kecamatan B adalah 10.000 orang.
Dari semua angkatan kerja yang menganggur di kedua kecamatan, persentase yang tinggal di Kecamatan B adalah ….. %
Jawaban: 50
Pembahasan: Jika dinyatakan dalam bentuk tabel, diagram tersebut adalah:
Dari kedua kecamatan jumlah angkatan kerja yang menganggur adalah 8.400 orang dan 4.200 diantaranya berasal dari Kecamatan B, sehingga persentase yang tinggal di Kecamatan B adalah 4.200/8.400×100%=50%