Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID- Bagaimana sih cara cetak kartu informasi akun dan pendataran PPPK 2024?

Langkah terakhir dalam proses pendaftaran PPPK 2024 adalah melakukan resume pendaftaran dan mencetak kartu pendaftaran melalui laman SSCASN.

Proses ini wajib dilakukan oleh seluruh pelamar yang telah melengkapi unggahan dokumen dan pengisian data.

Setelah pelamar mengisi seluruh data yang diminta termasuk unggahan dokumen persyaratan, situs SSCASN akan menampilkan halaman yang berisi resume pendaftaran.

Cara Cek Informasi Akun Pendaftar PPPK 2024

Pada halaman ini seluruh data pendaftar akan diringkas, mulai dari jenis seleksi, instansi yang dipilih, formasi yang dilamar, hingga lokasi tes.

Data diri pelamar beserta dokumen yang telah diunggah juga akan terlihat. Halaman resume ini disediakan agar pelamar bisa memastikan bahwa seluruh informasi yang mereka isi sudah benar.

Jika ada kesalahan, ini adalah kesempatan terakhir bagi pelamar untuk memperbaiki sebelum mengakhiri pendaftaran.

Setelah pelamar mengakhiri proses pendaftaran, data yang telah diisi tidak akan bisa diubah.

Setelah pelamar yakin bahwa data sudah benar, mereka diminta untuk mencentang kotak pernyataan yang menyatakan bahwa seluruh data yang diisi sudah sesual. Kemudian, pelamar dapat mengklik tombol “Akhiri Proses Pendaftaran.”

Akan muncul pop-up notifikasi yang mengingatkan bahwa setelah proses diakhiri, data tidak dapat diubah lagi.  Jika pelamar memilih “lya,” halaman final resume akan muncul.

Cara Cetak Kartu Informasi Akun dan Pendaftaran PPPK 2024

Setelah proses pendaftaran diakhiri, pelamar perlu mencetak dua jenis kartu sebagai bukti pendaftaran, yaitu Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran.

Kedua kartu ini diperlukan baik oleh pelamar PPPK tenaga teknis, guru, maupun tenaga kesehatan. Berikut langkah-langkah mencetak kartu:

  • Akses laman pendaftaran SSCASN di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta kata sandi pada kolom yang tersedia, lalu klik “Masuk.”
  • Setelah berhasil login, gulir ke bagian bawah hingga menemukan opsi “Cetak Kartu Informasi Akun” dan “Cetak Kartu Pendaftaran.”
  • Klik satu per satu opsi tersebut untuk mengunduh kedua kartu.
  • Simpan file kartu tersebut dan cetak sebagai bukti pendaftaran.

Jadwal dan Tahapan Seleksi Tes PPPK 2024

Seleksi PPPK 2024 akan dibagi menjadi dua periode, yang masing-masing memiliki tahapan pendaftaran, seleksi administrasi, dan seleksi kompetensi.

Tahapan seleksi kompetensi pun terdiri dari seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi teknis tambahan, yang dilakukan secara bertahap.

Periode I dikhususkan untuk pelamar dari kategori Pelamar Prioritas, Eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II), dan Tenaga Non-ASN yang sudah terdaftar dalarn database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Berikut adalah jadwal lengkap untuk periode pertama seleksi:

  • Pengumuman seleksi: 30 September-19 Oktober 2024
  • Pendaftaran seleksi: 1-20 Oktober 2024
  • Seleksi administrasi: 1-29 Oktober 2024
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 30 Oktober – 1 November 2024
  • Masa sanggah: 2-4 November 2024
  • Jawaban sanggah: 2-6 November 2024
  • Pengumuman pasca sanggah: 5-11 November 2024
  • Penarikan data final: 12- 14 Noverner 2024
  • Penjadwalan seleksi kompetensi: 15-25 November 2024
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan lokasi seleksi: 26 November – 1 Desember 2024
  • Pelaksanaan seleksi kompetensi: 2-19 Desember 2024
  • Pengolahan nilai seleksi: 7 23 Desember 2024
  • Pengumuman hasil kelulusan: 24-31 Desember 2024
  • Pelaksanaan seleksi kompetensi teknis tambahan: 10-21 Desember 2024
  • Integrasi nilai seleksi kompetensi dan kompetensi teknis tambahan: 13-28 Desember 2024
  • Pengumuman hasil kelulusan akhir: 24-31 Desember 2024
  • Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) NI PPPK: 1-31 Januari 2025
  • Usul penetapan NI PPPK: 1-28 Februari 2025.

Periode II diperuntukkan bagi Tenaga Non-ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk formasi guru di instansi daerah. Pendaftaran untuk periode ini dimulai pada 17 November hingga 31 Desember 2024.

Berikut jadwal lengkap untuk periode kedua:

  • Pengumuman seleksi: 1-30 November 2024
  • Pendaftaran seleksi: 17 November 31 Desember 2024
  • Seleksi administrasi: 16 Desember 2024-3 Februari 2025
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 4-18 Februari 2025
  • Masa sanggah: 19-21 Februari 2025
  • Jawaban sanggah: 20-27 Februari 2025
  • Pengumuman pasca sanggah: 22-28 Februari 2025
  • Penarikan data final: 1-7 Maret 2025
  • Pemetaan lokasi seleksi: 8-23 Maret 2025
  • Penjadwalan seleksi kompetensi: 24 Maret-8 April 2025
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi: 9-16 April 2025
  • Pelaksanaan seleksi kompetensi: 17 April 16 Mei 2025
  • Pengolahan nilai seleksi: 22 April-21 Mei 2025
  • Pengumuman hasil kelulusan: 22-31 Mei 2025
  • Pelaksanaan seleksi kompetensi teknis tambahan: 25 April-17 Mei 2025
  • Integrasi nilai seleksi kompetensi dan kompetensi teknis tambahan: 30 April-22 Mei 2025
  • Pengumuman hasil kelulusan akhir: 22-31 Mei 2025
  • Pengisian DRH NI PPPK: 1-30 Juni 2025
  • Usul penetapan NI PPPK: 1-31 Juli 2025.

Demikianlah panduan lengkap tata cara cetak kartu informasi akun serta jadwal lengkap seleksi PPPK 2024.