Kunci Jawaban ESPS Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 86 – 89 BAB 5 Kurikulum Merdeka, Reog Merupakan Kesenian Topeng dan Tarian
HAIJAKARTA.ID – Adik-adik sekalian, berikut ini adalah kunci jawaban ESPS Bahasa Indonesia Kelas 5 halaman 86–89 yang membahas Latihan Ulangan Bab 5 dalam Kurikulum Merdeka.
Artikel ini berisi kunci jawaban ESPS Bahasa Indonesia Kelas 5 halaman 86–89 yang membahas Latihan Ulangan Bab 5 dalam Kurikulum Merdeka.
Latihan ini dirancang untuk mengulas materi Bab 5 yang telah dipelajari sebelumnya bersama guru di kelas.
Dengan mengerjakan tugas ini, siswa diharapkan dapat mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap topik yang telah dibahas.
Kunci jawaban yang disajikan dalam artikel ini dimaksudkan sebagai pedoman atau referensi.
Namun, sangat dianjurkan agar siswa terlebih dahulu mengerjakan tugas secara mandiri sebelum membandingkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia.
Setelah menyelesaikan tugas, siswa dapat menggunakan kunci jawaban ini untuk mengevaluasi hasil pekerjaan mereka.
Kunci Jawaban ESPS Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 86 – 89 BAB 5 Kurikulum Merdeka
A. Pilihlah jawaban yang tepat.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
(1) Reog merupakan kesenian topeng dan tarian yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya Ponorogo. (2) Oleh sebab itu, masyarakat sering kali menyebut kesenian ini sebagai Reog Ponorogo. (3) Dalam pertunjukan Reog, da beberapa sosok yang ditampilkan, seperti Gemblak dan Warok. (4) Reog sangat identik dengan nilai-nilai kebudayaan yang mengandung unsur mistik. (5) Banyak orang tertarik menyaksikan pertunjukan Reog khas Ponorogo.
1. Kalimat fakta ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1) dan (3)
b. (1) dan (5)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (5)
Kunci Jawabannya ialah a
2. Kalimat opini ditunjukkan oleh nomor….
a. (1) dan (3)
b. (1) dan (4)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5
Kunci Jawabannya ialah d
Bacalah kalimat-kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.
(1) UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan budaya dari Indonesia.
(2) Masyarakat harus berani memberantas KKN.
(3) Rapat guru dimulai pukul 10.00 s.d. 12.00.
(4) Bapak Wagub membuka peresmian taman kota.
3. Kalimat yang memuat singkatan ditunjukkan oleh nomor….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
Kunci Jawabannya ialah c
4. Kalimat yang memuat akronim ditunjukkan oleh nomor
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
Kunci Jawabannya ialah b
5. Contoh kalimat fakta untuk iklan internet adalah …
a. Gratis pemasangan selama bulan Juli.
b. Belajar online lebih lancar dengan Wizz!
c. Segera dapatkan diskon menarik!
d. Internet Wizz paling cepat!
Kunci Jawabannya ialah a
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-10.
Keunikan Budaya Jepang
Budaya adalah hasil pikiran, akal budi, adat istiadat, atau sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sukar diubah dan terus bertahan dalam kelompok. Jepang adalah negara yang maju teknologinya, tetapi masih sangat menjaga budayanya.
Adat istiadat, tradisi, dan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dimiliki selama berabad- abad yang lalu tetap dirawat dengan baik.
Berikut ini merupakan sebagian dari banyaknya budaya unik yang ada di Jepang, khususnya di sekolah. Pertama, tidak ada ujian pada tiga tahun pertama masuk sekolah di Jepang. Pada tiga tahun pertama ini, pelajar harus lebih banyak mempelajari etika serta tata krama.
Mereka diajari untuk menghormati dan menghargai orang lain, menjaga lingkungan tempat tinggal mereka, sabar untuk mengantre, dan hidup disiplin.
Kedua, siswa wajib membersihkan kelas dan ruangan lain di sekolah. Semua siswa Jepang dididik untuk merasa memiliki sekolahnya dan memeliharanya dengan baik.
Dengan sendirinya, mereka terbiasa untuk hidup bersih di lingkungan yang nyaman sejak usia dini.
Ketiga, siswa makan makanan yang sama. Pihak sekolah menyediakan makanan dengan standar yang baik dan semua siswa terlibat dalam kegiatan makan bersama.
Makanan yang sudah diambil harus dihabiskan. Oleh karena itu, mereka belajar untuk menghargai makanan yang disediakan.
Terakhir, sekolah wajib mengajarkan seni tradisional Jepang. Siswa diajari seni kaligrafi berupa menulis huruf kanji menggunakan kuas dari bambu dan membuat puisi khas Jepang yang bernama haiku. Dengan cara ini, siswa makin menghormati budaya mereka sendiri.
Itulah beberapa budaya unik yang tetap dipertahankan di sekolah-sekolah Jepang.
Hal-hal tersebut membentuk karakter orang Jepang yang terkenal bersih, giat bekerja, menghargai orang lain, dan menjaga keindahan juga kelestarian budaya mereka.
6. Kalimat berikut yang termasuk pernyataan umum dalam teks tersebut adalah…
a. Pihak sekolah menyediakan makanan dengan standar yang baik dan semua siswa terlibat dalam kegiatan makan bersama.
b. Jepang adalah negara yang maju teknologinya, tetapi masih sangat menjaga budayanya.
c. Itulah beberapa budaya unik yang tetap dipertahankan di sekolah- sekolah Jepang.
d. Dengan cara ini, siswa menghormati budaya mereka sendiri.
Kunci Jawabannya ialah b
7. Deretan penjelas dalam teks tersebut terdapat pada paragraf….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (2) dan (3)
Kunci Jawabannya ialah b
8. Ringkasan isi teks tersebut adalah…
a. Pendidikan di Jepang sangat modern.
b. Budaya unik di Jepang menjadi daya tarik wisatawan luar negeri.
c. Budaya adalah hasil pikiran, akal budi, adat istiadat, atau sesuatu yang sudah jadi kebiasaan yang sukar diubah dan terus bertahan dalam kelompok.
d. Jepang memiliki banyak budaya unik yang tetap dirawat dengan baik, termasuk beberapa kebiasaan unik yang berlaku di sekolah-sekolah di Jepang.
Kunci Jawabannya ialah d
9. Ide pokok paragraf pertama adalah
a. pengertian budaya
b. negara Jepang berteknologi maju, tetapi tetap memelihara budayanya
C. adat istiadat, tradisi, dan kebiasaan yang dipelihara masyarakat Jepang
d. budaya Jepang yang unik dan sangat menarik bagi orang luar negeri
Kunci Jawabannya ialah b
10. Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
a. Haiku adalah festival unik berjalan di atas api.
b. Orang Jepang tidak terbiasa menghabiskan makanan.
c. Tidak ada ujian pada tiga tahun pertama masuk sekolah di Jepang.
d. Seni kaligrafi Jepang berupa menulis huruf abjad Arab menggunakan kuas dari bambu.
Kunci Jawabannya ialah c
B. Isilah dengan jawaban yang tepat.
Bacalah penggalan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.
Ketika mendengar keributan yang terjadi antara Rara dan Riri, Ayah langsung turun tangan.
Ayah mencoba mencari jalan tengah agar Rara dan Riri tidak berebutan remote televisi lagi. Dengan tegas, Ayah langsung mengambil remote dan mematikan televisi dengan menekan tombol power pada remote.
1. Permasalahan yang terjadi dalam cerita tersebut adalah
Kunci Jawaban: Suatu hari Rara dan Riri berebutan remote, saat melihat televisi bersama
2. Penyelesaian masalah dalam cerita tersebut adalah
Kunci Jawaban: Ayah berusaha mencari jalan tengah dengan cara langsung mengambil remote dan mematikan televisi.
3. Makna kata tegas adalah tentu dan pasti;
Kunci Jawaban: tidak ragu-ragu
Perhatikan kalimat iklan berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.
Susu Cimari
Segar rasanya, murah harganya!
4. Iklan tersebut termasuk jenis iklan penawaran
5. Kalimat bercetak tebal termasuk jenis kalimat Opini (fakta/opini).
C. Kerjakan soal-soal berikut.
Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 1-4.
Masyarakat Korea memiliki budaya memberi penghormatan kepada orang lain. Mereka memberi penghormatan dengan cara membungkuk.
Masyarakat Korea dikenal menghormati orang yang lebih tua dan menghormati seniornya. Apabila memanggil seseorang, mereka tidak memanggil dengan nama depan, tetapi dengan sebutan tuan, nyonya, atau jabatan yang diikuti dengan nama mereka.
Masyarakat Korea juga dikenal sebagai orang yang suka bekerja keras dan sangat kompetitif sejak usia muda. Persaingan dalam bidang pendidikan serta pekerjaan begitu ketat. Hal ini menyebabkan banyak pelajar dan pekerja kesulitan untuk memiliki waktu bersantai sejenak dan menikmati hidupnya sendiri.
Guna mengimbangi kerja kerasnya, masyarakat Korea biasanya menjaga kebugaran tubuh melalui pemilihan makanan yang menyehatkan dan berolahraga.
Makanan sehat yang dikonsumsi antara lain nasi, mi, tahu, sayuran, dan daging Masyarakat Korea juga mengonsumsi sayuran fermentasi yang terkenal dengan nama kimci. Berjalan kaki dan jogging juga kerap mereka lakukan agar tetap sehat.
1. Apa judul yang tepat untuk penggalan teks eksplanasi di atas?
Kunci jawaban:
Kehidupan Masyarakat Korea
2. Termasuk bagian apakah ketiga paragraf di atas dalam sebuah teks eksplanasi? Tulislah alasanmu.
Kunci jawaban:
Deretan penjelas, karena menjelaskan tentang kehidupan masyarakat Korea.
3. Salinlah tiga kalimat fakta berdasarkan isi penggalan teks di atas.
Kunci jawaban:
Kalimat fakta:
– Masyarakat Korea memiliki budaya memberi penghormatan kepada orang lain.
– Mereka memberi penghormatan dengan cara membungkuk.
– Apabila memanggil seseorang mereka tidak memanggil dengan nama depan, tetapi dengan sebutan Tuan/Nyonya/jabatan yang diikuti dengan nama mereka
4. Salinlah tiga kalimat opini berdasarkan isi penggalan teks di atas.
Kunci jawaban:
Kalimat opini:
– Orang Korea juga dikenal menghormati orang yang lebih tua dan menghormati seniornya.
– Orang Korea juga dikenal sebagai orang yang suka bekerja keras dan sangat kompetitif sejak usia muda.
– Persaingan dalam bidang pendidikan serta pekerjaan begitu ketat sehingga banyak pelajar dan pekerja yang sulit untuk memiliki waktu bersantai sejenak dan menikmati hidupnya sendiri.
5. Citra ingin mengirim surat elektronik kepada Hani tentang pengalamannya menonton tari kecak di Bali. Alamat surat elektronik Citra adalah citra.p@ okemail.com, sedangkan alamat surat elektronik Hani adalah hani.hani@ okemail.com.
Berdasarkan ilustrasi cerita tersebut, tulislah bagian penerima dan subjek surat elektronik yang akan dikirim oleh Citra.
Kunci jawaban:
Kepada: hani.hani@okemail.com
Subjek: Pengalaman Menonton Tari Kecak
Semoga kunci jawaban ESPS Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 86 – 89 BAB 5 Kurikulum Merdeka ini bermanfaat sebagai referensi belajar siswa dan memberikan dukungan dalam memperkuat pemahaman terhadap materi Bab 5.
Selamat belajar dan raihlah prestasi setinggi langit!