sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Puskesmas Kecamatan Tanah Abang baru saja meluncurkan layanan kesehatan ramah anak sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan prioritas layanan yang lebih nyaman bagi pasien anak-anak.

Langkah ini mencakup penyesuaian sarana dan prasarana di berbagai poliklinik yang melayani anak, dengan tujuan mengurangi rasa takut anak-anak saat mengakses layanan kesehatan di puskesmas.

“Layanan ini dibuat dengan memprioritaskan kesehatan anak dan memberikan kesan bahwa berobat ke puskesmas tidaklah menyeramkan,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Chaidir, saat dikonfirmasi pada Kamis (23/8/2024).

Chaidir juga menambahkan bahwa puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan terdepan harus menjadi contoh bagi puskesmas lain dalam menyediakan layanan yang nyaman dan ramah anak.

Dengan adanya layanan yang lebih ramah ini, diharapkan masyarakat, khususnya anak-anak, dapat merasa lebih aman dan nyaman saat mengunjungi puskesmas.

Pengembangan Layanan Ramah Anak

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Ovi Norfiana, menjelaskan bahwa sebelumnya Puskesmas Tanah Abang telah meraih penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan dari Kemenpan RB pada tahun 2023. Kini, puskesmas tersebut berupaya meningkatkan layanan agar lebih fokus pada kebutuhan anak-anak.

“Biasanya yang paling takut berobat kan anak-anak ya,” kata Ovi.

Peningkatan layanan ini juga didasarkan pada data yang menunjukkan bahwa jumlah pasien anak di Puskesmas Tanah Abang cukup tinggi.

Pada Juli 2024 saja, tercatat sebanyak 1.580 anak mengakses layanan kesehatan di puskesmas tersebut.

Fasilitas dan Layanan Khusus untuk Anak

Layanan kesehatan ramah anak yang baru diluncurkan ini mencakup beberapa inisiatif, seperti memberikan prioritas bagi pasien anak saat kunjungan layanan, serta melakukan penyesuaian pada sarana dan prasarana di area yang sering diakses oleh anak-anak.

Hal ini termasuk poliklinik balita sakit, imunisasi, gigi, jiwa, serta poliklinik kekerasan perempuan dan anak.

Tidak hanya itu, area puskesmas juga dihiasi dengan mural bertema anak-anak dan para dokter yang melayani anak-anak mengenakan jas bermotif kartun untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan.

Selain itu, anak-anak yang menjadi pasien juga akan diberikan mainan dan stiker sebagai suvenir usai pemeriksaan.

Dengan inisiatif ini, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih positif bagi anak-anak saat mengakses layanan kesehatan, sekaligus menjadi pionir dalam menciptakan lingkungan kesehatan yang ramah anak di Jakarta.

“Kami siapkan beberapa pernak-pernik dan untuk pasien anak. Ada sticker dan mainan supaya mereka terhibur dan pemeriksaan kesehatan mereka menjadi lebih lancar,” tutup Ovi.