Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA. ID –  Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa (28/1/2025) malam menyebabkan beberapa titik di ruas Tol Sedyatmo masih tergenang hingga siang ini.

Jasa Marga terus berupaya mengoptimalkan operasional pompa air di lokasi guna mempercepat surutnya genangan.

Tol Sedyatmo Masih Tergenang Banjir

Senior Manager Representative Office 2b Jasamarga Metropolitan Tollroad, Ginanjar Bekti R, menyatakan bahwa tim gabungan dari Jasa Marga dan Kepolisian terus melakukan berbagai upaya guna mengurangi debit air serta mengatur arus lalu lintas.

“Tim kami di lapangan bekerja maksimal untuk mengatasi kondisi ini agar lalu lintas bisa kembali normal,” ujarnya, Rabu (29/1/2025).

Genangan Muncul Sejak Selasa Malam

Hujan dengan intensitas tinggi mulai menyebabkan genangan sejak pukul 20.15 WIB.

Petugas yang bertugas langsung melakukan pengecekan serta memastikan pompa air berfungsi dengan baik.

Namun, derasnya hujan yang berlangsung cukup lama menyebabkan limpasan air dari area sekitar masuk ke saluran air jalan tol, melebihi kapasitas pompa yang tersedia.

Sekitar pukul 22.30 WIB, tim di lapangan mulai mengoperasikan pompa tambahan di Gerbang Tol (GT) Pluit 3 dan off ramp Rawa Bokor guna mempercepat proses penyedotan air.

Namun, intensitas hujan yang terus meningkat menyebabkan bertambahnya titik genangan di ruas tol tersebut.

8 Titik Genangan Masih Ditangani

Hingga Rabu siang pukul 11.00 WIB, masih terdapat delapan titik genangan yang sedang dalam penanganan petugas, yakni:

1. GT Pluit 3

2. GT Kamal 4

3. GT Cengkareng

4. Main Road Sedyatmo KM 24B

5. Main Road Sedyatmo KM 25B

6. Main Road Sedyatmo KM 27A

Off Ramp Rawa Bokor

Jasa Marga menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat banjir ini.

Upaya maksimal terus dilakukan agar lalu lintas dapat kembali berjalan dengan normal.

Imbauan bagi Pengguna Jalan

Bagi pengguna jalan yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta, Jasa Marga mengimbau agar tetap tertib dalam antrean dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Pengguna jalan juga disarankan untuk mempertimbangkan rute alternatif, seperti melalui JORR 2, atau menggunakan moda transportasi umum guna menghindari keterlambatan.

Untuk informasi terbaru mengenai lalu lintas di jalan tol Jasa Marga Group, pengguna jalan dapat menghubungi call center 24 jam Jasa Marga di 14080, serta memantau media sosial resmi Jasa Marga dan aplikasi TRAVOY guna mendapatkan pembaruan terkini.