sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID  – Tahukah kamu dimana lokasi jasa tukar uang baru saat lebaran di Jakarta? Berdasarkan pengumuman resmi dari Bank Indonesia terkait penukaran uang baru untuk lebaran, sebenarnya sudah bisa lakukan sejak tanggal 15 Maret 2024 sampai dengan 7 April 2024. Adapun penukaran uang baru tersebut sudah dapat dilakukan di BI, bank umum ataupun kas keliling.

Sebelumnya BI telah merilis lokasi jasa tukar uang baru saat lebaran di Jakarta jadwal dan kas keliling sebagai tempat penukaran uang. lokasinya telah di ditentukan di beberapa titik lokasi sesuai jadwal.

Namun mulai tanggal 2 hingga tanggal 5 April 2024, mobil kas keliling BI akan menetap di Rest Area KM 57 tepatnya di pos BI Peduli Mudik. disana Kas Keliling dari BI akan standby untuk menerima penukaran uang baru bagi para pemudik.

Selain Itu Bank Indonesia juga membatasi nominal yang boleh ditukar. Jumlah nominal penukaran maksimal adalah Rp 4 juta per orang. terinfo kalo Kas keliling tersebut juga menerima penukaran uang koin.

Berikut list pecahan uang baru yang bisa ditukar:

Pecahan Rp50 ribu dengan nominal maksimal Rp1 juta

Pecahan Rp20 ribu dengan nominal maksimal Rp1 juta

Pecahan Rp10 ribu dengan nominal maksimal Rp1 juta

Pecahan Rp5 ribu dengan nominal maksimal Rp500 ribu

Pecahan Rp2 ribu dengan nominal maksimal Rp400 ribu

Pecahan Rp1 ribu dengan nominal maksimal Rp100 ribu

serta tersedia juga penukaran khusus Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 RI)

Lalu bagaimana cara menukar uang baru tersebut? apakah bisa dilakukan dengan kunjungi langsung? atau lakukan pemesanan terlebih dahulu biar aman?

Bank Indonesia menyarankan untuk melakukan pemesanan penukaran uang baru secara online terlebih dahulu melalui website PINTAR BI, https://pintar.bi.go.id/.

Melalui website tersebut kita dapat melakukan pemesanan nominal yang akan di tukar, serta memilih lokasi penukaran uang yang telah dijadwalkan.

Lokasi Jasa Tukar Uang Baru Saat Lebaran di Jakarta Tidak Resmi

Selain tempat penukaran resmi yang telah di tentukan dari Bank Indonesia, sebenarnya masih ada lokasi jasa tukar uang baru saat lebaran di Jakarta tidak resmi.

Biasa di sepanjang pinggir jalan ramai di jakarta, seperti jalan raya Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. Atau coba datangi di Jalan Kramat jaya Raya, lalu ada juga di Jalan Bhayangkara bahkan ada juga di kawasan Pasar Koja Baru, Jakarta Utara.

Bagi pelanggan yang enggan mengantri atau mendatangi lokasi penukaran resmi dari BI biasanya menukar uang baru dengan cepat menggunakan jasa penukaran uang di lokasi-lokasi tersebut.

Namun jasa penukaran uang ini akan dikenakan biaya penukaran antara 10 hingga 15 persen dari jumlah uang yang di tukar. Biaya ini sudah menjadi standart jasa penukaran uang di semua lokasi.

Umumnya penukaran uang dengan edisi terbaru akan dikenakan biaya 15 persen. Sedangkan penukaran uang baru dengan edisi pecahan lama akan dikenakan biaya 10 persen.

Untuk jasa penukaran uang baru di tepi jalan raya di Lokasi tersebut umumnya jam 6 pagi sudah mulai ada yang standby di pinggir jalan memajang uang baru dan berakhir pada pukul 10 malam.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa jasa tukar uang baru saat lebaran di Jakarta yang umumnya para pelaku jasa penukaran uang baru ini akan terlihat sejak 2 minggu sebelum lebaran hingga hari H-1 lebaran. biasanya mereka hanya duduk di pinggir sepeda motor atau kendaraan yang dipakai untuk memajang uang yang telah di bungkus plastik.

Mengingat ini adalah jasa penukaran uang tidak resmi, Sebaiknya pelanggan harus memastikan bahwa uang tersebut bukanlah uang palsu. Bisa dengan cara 3D yaitu Diterawang, Dilihat, dan Diraba dan tidak lupa di hitung satu per satu.