sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Gelar edukasi dan sosialisasi pencegahan kebakaran malam hari kepada warga, Jajaran Sektor Gulkarmat Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur menekankan khususnya di wilayah RT 08/02 Kelurahan Pulogadung.

Kegiatan ini dilakukan pada Selasa (3/9) malam, saat warga bersiap untuk beristirahat.

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Malam Hari

Petugas Gulkarmat berkeliling lingkungan menggunakan megaphone untuk mengingatkan warga agar memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman sebelum tidur.

“Kami sosialisasikan dengan mengingatkan perihal kompor yang harus dalam keadaan mati, cabut listrik yang tak perlu dan kunci pintu. Bila ada aduan segera hubungi 112,” demikian seruan petugas yang terdengar di seluruh penjuru RT 08/02.

Kepala Sektor Gulkarmat Kecamatan Pulogadung, Edi Parwoko, menjelaskan bahwa sosialisasi ini dilakukan karena kebakaran pada malam hari sering kali disebabkan oleh kelalaian, seperti lupa mematikan kompor atau menumpuk aliran listrik dalam satu saklar.

“Kami agendakan jam 21.00 untuk sosialisasi. Bertepatan mereka akan tidur malam supaya lebih maksimal,” ungkap Edi pada Rabu (4/9).

Langkah-langkah Pencegahan Kebakaran dan Pencurian

Dalam sosialisasi tersebut, warga diingatkan untuk selalu berhati-hati dan memastikan keamanan rumah sebelum tidur.

Langkah-langkah yang disarankan antara lain mematikan kompor untuk mencegah kebakaran akibat lupa mematikan kompor setelah memasak, serta mencabut peralatan listrik yang sudah tidak digunakan untuk mencegah korsleting listrik.

Selain itu, mengunci pintu rumah juga penting untuk mencegah pencurian atau orang asing masuk tanpa sengaja.

Edi menambahkan bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi malam hari ini, Gulkarmat Sektor Pulogadung melibatkan unsur Satgas Gulkarmat Kelurahan, Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar), serta didampingi oleh RT/RW dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

“Kami hanya berharap sosialisasi ini bisa menjadi pengingat untuk warga agar tak terjadi kebakaran. Kerugian tak hanya pada diri sendiri, melainkan bisa jadi pada tetangga sekitar,” ujar Edi.

Ketua RT 08/02 Pulogadung, Sugiono, memberikan apresiasi atas inisiatif Gulkarmat Pulogadung yang mengingatkan warga agar lebih waspada pada malam hari.

“Kami sangat terbantu. Kami harap redkar terus bersemangat untuk terus mengingatkan demi keselamatan bersama,” tandas Sugiono, menegaskan pentingnya kolaborasi antara warga dan petugas untuk menciptakan lingkungan yang aman dari bahaya kebakaran dan pencurian.