sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Ihsan Panji Santiko, Sp.PD mengingatkan masyarakat agar waspada Hepatitis A dalam memilih makanan dan minuman, serta menghindari jajan di lingkungan yang kotor.

Hal ini penting untuk mencegah terjangkit Hepatitis A, yang dapat menular melalui makanan atau minuman yang tidak matang dan lingkungan yang tidak bersih.

Dalam diskusi daring yang disiarkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Senin, dr. Ihsan menjelaskan bahwa makanan dan minuman yang tidak matang bisa menjadi sumber penularan Hepatitis A.

“Kalau untuk penyebaran bisa melalui lalat yang hinggap di makanan dan menyebarkan virus Hepatitis A. Disamping itu juga makanan yang tidak dimasak dengan matang juga bisa berpotensi menyebabkan virus tersebut,” kata dr. Ihsan.

Gejala Hepatitis A

Hepatitis A, menurut dr. Ihsan, dapat berkembang menjadi akut jika tidak diatasi dengan baik.

Gejala yang timbul meliputi demam, badan kuning, buang air kecil berwarna seperti teh, lemas, mata berubah kekuningan, serta mual dan muntah.

“Kalau tidak ditangani bisa jadi penyakit serius,” jelas dr. Ihsan.

Dr. Ihsan mengimbau masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala ini.

“Perlunya untuk melakukan pemeriksaan adalah supaya virus ini tidak dibiarkan dalam tubuh sehingga mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Segera melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Penanganan Hepatitis A dan Peran Daya Tahan Tubuh

Pada fase awal infeksi Hepatitis A, biasanya pasien hanya dipantau tanpa pengobatan spesifik karena tubuh sendiri memiliki daya tahan untuk melawan infeksi virus.

Namun, tingkat daya tahan tubuh setiap orang berbeda, dan dokter akan memantau kondisi ini dengan seksama.

“Jika daya tahan tubuh tidak cukup kuat, dokter mungkin akan memberikan obat-obatan untuk membantu proses penyembuhan,” kata dr. Ihsan.

Dr. Ihsan juga menambahkan, penting bagi pasien untuk tetap tenang dan tidak stres ketika terdiagnosa Hepatitis.

“Berpikir tenang dan segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui fase dari virusnya adalah langkah terbaik,” ujarnya.

Dengan pemahaman dan kewaspadaan yang tepat, Hepatitis A dapat dihindari dan diobati dengan efektif, memastikan kesehatan masyarakat tetap terjaga.