sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Apakah kamu salah satu yang termasuk punya mimpi besar menjadi pegawai ASN? Jika iya, sangat penting untuk mengetahui apa saja syarat tes CPNS 2024 .

Untuk menjadi PNS, kamu harus melewati serangkaian seleksi yang cukup ketat, termasuk memenuhi persyaratan tes CPNS.

Syarat Tes CPNS 2024 Secara Umum yang Harus Dipenuhi

Bagi calon PNS yang ingin mendaftar, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantara persyaratannya meliputi syarat umum dan dokumen. Simak artikel berikut.

Syarat untuk mengikuti tes CPNS 2024 umumnya tidaklah jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Diantara beberapa persyaratan umum yang biasanya ditetapkan adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Pelamar harus memiliki status kewarganegaraan Indonesia.
  2. Usia: Calon ASN berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran. Tetapi, ada beberapa pengecualian untuk formasi tertentu, seperti dosen atau tenaga kesehatan.
  3. Pendidikan: Seluruh peserta seleksi memenuhi persyaratan pendidikan disesuaikan dengan formasi yang dilamar. Ada formasi yang mensyaratkan lulusan D3, S1 bahkan S2.
  4. Kesehatan: Pelamar dipastikan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Hal ini dapat dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter.
  5. Tidak pernah dihukum penjara: Calon pegawai tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana.
  6. Peserta tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau berhenti dari polisi, TNI, dan kepolisian.
  7. Bukan anggota atau pengurus partai politik serta tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, dan sejenisnya.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia maupun negara lain sesuai ketentuan instansi.

Persyaratan Dokumen yang Harus Disiapkan

Syarat tes CPNS 2024 tidak hanya mencakup persyaratan umum, ada sejumlah persyaratan dokumen yang harus dipenuhi untuk mendaftar menjadi pegawai PNS berikut ini:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah terakhir dan transkrip nilai
  • Pas foto berwarna
  • Surat lamaran
  • Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  • Surat penugasan guru untuk THK-2

Persyaratan dokumen ini bisa berbeda untuk setiap instansi dan jabatan yang dilamar. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek di akun SSCASN dari instansi dan jabatan yang dilamar tersebut.

Tips Lolos Tes CPNS 2024

Setelah memenuhi seluruh persyaratan mengikuti tes CPNS 2024, barulah kamu bisa meningkatkan peluang lolos dengan mengikuti tips berikut ini:

1. Pahami Materi Tes

Materi tes CPNS biasanya terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Kamu perlu pelajari seluruh materi tes CPNS dengan baik.

TKD umumnya meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi. Sementara untuk TKB sendiri disesuaikan dengan informasi yang dilamar.

2. Latihan Soal

Supaya terbiasa dengan tipe soal yang mungkin keluar saat tes CPNS, kerjakan soal-soal latihan CPNS sebanyak mungkin untuk meningkatkan kecepatan dalam mengerjakan soal.

3. Manajemen Waktu

Supaya dapat mengatur waktu dengan baik saat mengerjakan soal, biasakan diri jangan terlalu lama berkutat pada satu soal saja.

4. Jaga Kesehatan

Untuk memastikan kondisi sehat secara fisik dan mental, setidaknya kamu perlu istirahat yang cukup, imbangkan dengan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

5. Percaya Diri

Tidak perlu ragu untuk mengikuti tes CPNS. Percaya pada kemampuan diri kamu untuk melewati semua tahapan seleksi hingga akhir.

Itulah sederet syarat tes CPNS 2024 yang perlu kamu lengkapi untuk lolos menjadi ASN tahun ini. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan agar peluang untuk lolos seleksi semakin besar!