sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Pusat Pelatihan PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan diresmikan pada 11 Oktober 2024 oleh Presiden Joko Widodo, dengan kehadiran Presiden FIFA Gianni Infantino.

Ketum PSSI Erick Thohir mengungkapkan bahwa pusat pelatihan ini akan menjadi fasilitas modern yang mencakup delapan lapangan, asrama dengan kapasitas 138 orang, serta fasilitas pendukung seperti fisioterapi, pusat kebugaran, dan layanan medis.

Didukung oleh dana hibah FIFA sebesar Rp85 miliar dan alokasi Rp127,10 miliar dari Pemerintah Indonesia, pusat pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan timnas Indonesia di semua kelompok umur.

Pembangunan pusat latihan PSSI di IKN adalah mimpi timnas Indonesia yang menjadi kenyataan.

Timnas Indonesia tidak memiliki pusat latihan khusus seiring kawasan Gelora Bung Karno yang sudah mengalami komersialisasi. Tempat latihan skuad ”Garuda” di Lapangan A dan Stadion Madya GBK bisa pula disewa oleh masyarakat umum untuk agenda permainan sepak bola (fun football).

Erick juga menuturkan, fasilitas di pusat latihan tahap awal itu masih jauh dari rencana dasar. Meski begitu, ia menyebut fasilitas yang tersedia berupa dua lapangan latihan kualitas terbaik dan asrama pemain layak untuk pemain tim yunior Indonesia.

”Untuk tahap awal ini, pusat latihan akan digunakan oleh tim U-20 dan U-17 dalam pemusatan latihan selanjutnya.

Setelah diresmikan, tim U-20 akan menjadi tim pertama menjalani latihan di IKN selama seminggu. Jadi, nanti mereka memberikan laporan evaluasi untuk melaporkan kekurangan dan kelebihan pusat latihan itu,” Ujar Erick.

Presiden Joko Widodo berharap infrastruktur ini dapat memaksimalkan potensi timnas di kancah Asia, sehingga dapat tampil lebih kompetitif di masa depan.