sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID- 16 Materi TIU kemungkinan keluar di SKD CPNS 2024, pelamar siap-siap catat!

Materi Tes Intelegensi Umum (TIU) yang sering muncul dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS meliputi berbagai topik yang menguji kemampuan logika, aritmetika, dan kemampuan berpikir secara analitis.

Berdasarkan soal-soal yang sering keluar pada tahun-tahun sebelumnya, berikut penjelasan lebih rinci mengenai 16 materi TIU yang sering muncul:

1. Barisan dan Deret

Ini menguji kemampuan memahami pola bilangan yang diatur secara berurutan. Peserta diminta melengkapi barisan atau deret angka berdasarkan pola yang ada, seperti deret aritmatika atau geometri.

2. Pola Kalimat (SPOK)

Menguji kemampuan memahami susunan kalimat yang benar, berdasarkan Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (SPOK).

Peserta harus mampu menentukan susunan kalimat yang benar atau mengidentifikasi kesalahan dalam struktur kalimat.

3. Berhitung Cepat

Melibatkan kemampuan menghitung secara cepat dan tepat dengan menggunakan operasi dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Biasanya soal ini dirancang untuk melihat kemampuan numerik secara efisien.

4. Operasi Hitung Dasar (Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, Pengurangan)

Soal ini mengharuskan peserta untuk melakukan operasi dasar aritmatika. Penguasaan terhadap konsep dasar sangat penting karena ini merupakan fondasi dari sebagian besar soal numerik.

5. Perhitungan Pecahan Biasa dan Campuran

Materi ini menguji kemampuan peserta untuk melakukan operasi hitung menggunakan pecahan biasa (seperti 1/2, 3/4) dan pecahan campuran (gabungan antara bilangan bulat dan pecahan, seperti 2 1/3).

6. Silogisme (2 dan 3 Premis)

Silogisme adalah metode penarikan kesimpulan dari dua atau tiga premis yang diberikan. Ini merupakan bentuk soal logika yang menguji kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang disediakan.

7. Analogi Kata dan Kalimat

Soal ini mengharuskan peserta memahami hubungan antara dua kata atau kalimat dan kemudian mencari hubungan yang sama pada pasangan kata atau kalimat lain.

8. Figural Ketidaksamaan

Soal ini menggunakan gambar atau simbol untuk menguji kemampuan peserta dalam mengenali perbedaan atau ketidaksamaan antara berbagai bentuk figur.

9. Figural Serial & Analogi

Peserta diharuskan melengkapi urutan atau rangkaian gambar yang memiliki pola tertentu. Sama seperti analogi kata, tetapi menggunakan bentuk gambar atau simbol.

10. Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Materi ini menguji kemampuan peserta dalam memahami hubungan perbandingan antar angka atau konsep matematika. Perbandingan senilai berarti kedua variabel meningkat atau menurun bersamaan, sedangkan berbalik nilai berarti jika satu variabel naik, yang lain turun.

11. Jarak, Waktu, dan Kecepatan

Menghitung berbagai permasalahan terkait jarak, waktu, dan kecepatan. Peserta perlu memahami rumus dasar seperti kecepatan = jarak/waktu dan bagaimana mengaplikasikannya dalam konteks soal.

12. Permutasi Cara Duduk

Materi ini menguji kemampuan menghitung jumlah cara penyusunan atau penempatan orang atau objek dalam posisi tertentu. Biasanya terkait dengan konsep permutasi dan kombinasi dalam matematika.

13. Mengurutkan Posisi Duduk atau Analitis Lain

Soal ini meminta peserta untuk mengurutkan posisi atau menyusun urutan sesuai dengan syarat-syarat tertentu, menggunakan kemampuan analisis untuk memecahkan masalah penempatan atau urutan.

14. Membaca Informasi dalam Tabel X dan Y

Peserta diminta menganalisis data yang disajikan dalam bentuk tabel. Soal ini menguji kemampuan memahami dan menarik informasi penting dari data yang disajikan dalam format tabel.

15. Operasi Bilangan Akar dan Pangkat

Materi ini mencakup operasi hitung yang melibatkan akar kuadrat, pangkat, serta aturan-aturan terkait dalam perhitungan.

16. Aritmatika Sosial

Soal ini berkaitan dengan perhitungan ekonomi atau sosial, seperti menghitung keuntungan, diskon, bunga, atau persentase.

Peserta dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan angka.

Semua materi ini merupakan bagian dari Tes Intelegensi Umum (TIU), yang bertujuan menguji logika, kemampuan berhitung, serta kemampuan berpikir kritis dan analitis peserta dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan matematika dan logika.

Menguasai materi ini sangat penting agar bisa lolos pada tes CPNS, terutama di bagian SKD.