Cara Akses Darurat Medis 119 Melalui Aplikasi SATUSEHAT Mobile
HAIJAKARTA.ID- Bagaimana sih cara akses darurat medis 119 melalui aplikasi SATUSEHAT Mobile?
Layanan darurat medis 119 dikelola oleh Kementerian Kesehata yang kini lebih mudah diakses oleh masyarakat yang sedang memerlukan penanganan medis cepat.
Menurut Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, Sumarjaya, mengungkapkan bahwa proses menghubungi nomor darurat 119 melalui aplikasi SATUSEHAT Mobile serupa dengan panggilan telepon biasa.
Kemenkes sudah memfasilitasi akses ke nomor darurat tersebut melalui satu aplikasi SATUSEHAT Mobile untuk mempermudah masyarakat dalam situasi darurat.
Aplikasi SATUSEHAT Mobile
Aturan mengenai panggilan darurat medis ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu.
Ketika masyarakat menghubungi call center 119, operator akan mengidentifikasi kebutuhan layanan, dan panggilan yang bersifat gawat darurat akan diteruskan ke Public Safety Center (PSC) di daerah terkait.
PSC berfungsi untuk merespons secara cepat, berkolaborasi dengan fasilitas kesehatan terdekat untuk memobilisasi pasien atau memberikan rujukan.
Layanan darurat medis 119 mencakup panduan tindakan awal, pengiriman tenaga medis dan ambulans serta membawa pasien ke fasilitas kesehatan terdekat.
PSC juga menyediakan informasi terkait ketersediaan rumah sakit, ambulans, dan fasilitas kesehatan terdekat.
Cara Akses Darurat Medis 119 Melalui Aplikasi SATUSEHAT
Bagaimana sih cara akses darurat medis 119 melalui aplikasi SATUSEHAT Mobile dapat melalui langkah-langkah berikut:
- Install Aplikasi SATUSEHAT
- Setelah terunduh aplikasi SATUSEHAT, lanjutkan tekan lama aplikasi.
- Klik Tombol “Darurat Medis” untuk menghubungi 119
- Ikuti petunjuk dan jelas kondisi yang dialami
- Bantuan medis dan ambulans akan datang ke lokasi kamu.
- Operator kemudian mengidentifikasi kebutuhan layanan dari penelepon.
- Jika panggilan bersifat darurat, PSC di tingkat kabupaten/kota akan segera menindaklanjutinya, memastikan penanganan yang cepat.
Aplikasi Terhubung dengan Fasilitas Kesehatan Terdekat PSC
Aplikasi ini terhubung dengan Fasilitas Kesehatan Terdekat PSC atau Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu bekerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat untuk memobilisasi atau merujuk pasien yang membutuhkan penanganan gawat darurat.
Layanan yang disediakan meliputi panduan tindakan awal berdasarkan algoritma kegawatdaruratan, pengiriman tenaga medis dan ambulans serta pengantaran pasien ke fasilitas kesehatan terdekat.
Layanan PSC mencakup penanganan kegawatdaruratan sesuai protokol, informasi ketersediaan ruang rumah sakit, fasilitas kesehatan terdekat, serta layanan ambulans.
Masyarakat bisa banget menghubungi layanan darurat 119 yang nantinya akan mendapatkan informasi terkait layanan yang dibutuhkan, seperti akses untuk melacak ambulans termasuk waktu tiba dan jarak ke fasilitas kesehatan.