sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Pemuda Indonesia Center (PIC) menyelenggarakan Festival Budaya di TMII tepatnya di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (15/10/2024).

Acara tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan Pilkada 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang agar dapat berjalan aman, damai, efektif, dan manfaat (adem).

Ginka Febriyanti Ginting, selaku Badan Pengurus Harian Pemuda Indonesia Center, menyampaikan bahwa Festival Budaya ini melibatkan puluhan pemuda perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

Beragam tarian daerah ditampilkan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada serentak yang damai dan tanpa konflik.

“Melalui acara ini, kami berharap Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan damai, sekaligus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Ginka di sela-sela acara.

Deklarasi Pilkada Damai

Pada kesempatan itu, para pemuda turut melakukan deklarasi Pilkada damai, mengimbau masyarakat untuk menjunjung tinggi toleransi dan menghindari ujaran kebencian serta berita bohong yang dapat memicu perpecahan bangsa. Mereka juga menekankan pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Komitmen kami adalah menciptakan lingkungan yang kondusif, aman dan damai dalam Pilkada 2024,” kata Ginka.

Tanggung Jawab Bersama

Menurut Ginka, menciptakan Pilkada yang aman bukan hanya tanggung jawab penyelenggara dan aparat keamanan, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

Dia menegaskan pentingnya netralitas dari penyelenggara Pilkada, pemerintah, dan aparat keamanan untuk menjamin hak pilih masyarakat.

Ginka juga mengajak kalangan pemuda dan pemudi untuk menggunakan hak pilih mereka, karena satu suara berpengaruh besar pada masa depan Indonesia.

“Ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam Festival Budaya, yakni ‘Satu Suara, Satu Indonesia’,” ujarnya.