sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Sejak Desember 2023, gerai jamu tradisional bergaya modern, Acaraki, telah membuka cabang baru di mal Grand Indonesia.

Terletak di lantai Lower Ground (LG) East Mall, cabang ini merupakan yang kelima sejak Acaraki berdiri pada tahun 2018.

Sebelumnya, Acaraki telah sukses membuka cabang di berbagai tempat, termasuk kawasan Kota Tua Jakarta, Landmark Pluit, Aeon Mall Tanjung Barat, dan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

“Hanya Acaraki cabang Grand Indonesia yang menyajikan makanan tradisional khas Indonesia,” ucap Nadya Eka Putri sebagai Marketing Manager Acaraki, saat memberikan informasinya di gerai Grand Indonesia, Rabu (24/4/2024).

Marketing Manager Acaraki, Nadya Eka Putri, menjelaskan bahwa beberapa hidangan tradisional yang disajikan di Acaraki Grand Indonesia antara lain Iga Garang Asem, Sop Buntut, Nasi Bebek Dewata, Nasi Iga Bakar Nyonya, dan Selada Penganten.

Sejarah Terciptanya Gerai Jamu Acaraki

Gerai Jamu Acaraki caraki lahir dari ide pemiliknya, Jony Yuwono, yang ingin mengangkat eksistensi jamu di Indonesia.

Nama “Acaraki” terinspirasi dari prasasti kuno Madhawapura yang menyebut “acaraki” sebagai profesi peracik jamu.

Menurut Nadya, Acaraki hadir dengan tujuan memperkenalkan keberagaman budaya dan manfaat kesehatan dari jamu, dengan menyajikannya secara modern.

“Acaraki memperkenalkan dunia pada keberagaman dan manfaat kesehatan dari jamu,” tambahnya.

Ia menjelaskan jika pahitnya kopi dapat dinikmati dan dipandang sebagai gaya hidup, maka jamu pun memiliki nilai yang sama.

Konsep Bar Terbuka Gerai Jamu Acaraki

Dalam upaya tersebut, Acaraki mengadopsi konsep bar terbuka di dapur penyeduhan.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati jamu, tetapi juga melihat langsung proses pembuatannya oleh sang acaraki.

Selain jamu tradisional, Acaraki juga menawarkan minuman mixology jamu, seperti Jaman Batu, Golden Yogurt, Golden Sparkling, Alea Smile, dan Kuteja. Harga jamu di Acaraki Grand Indonesia berkisar Rp 50.000.

Dengan adanya Acaraki di Grand Indonesia, masyarakat di Jakarta kini memiliki alternatif baru untuk menikmati jamu secara modern.

Gerai ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, dan menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kekayaan tradisional Indonesia dalam sebuah suasana yang segar dan kontemporer.