sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID- Bagaimana sih cara urus paspor imigrasi di Jakarta Timur via online dan mengirimkannya?

Untuk bisa pergi ke luar negeri, warga negara Indonesia jelas memerlukan paspor. Sama seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP, Paspor juga berperan sebagai identitas kita.

Bedanya, paspor merupakan sebuah identitas secara internasional. Dahulu membuat paspor lumayan sulit.

Harus mengantre ke kantor imigrasi terdekat untuk membuatnya. Sekarang semua serba mudah dan canggih. Pembuatan paspor pun bisa dengan cara online.

Terutama di daerah ibukota, Jakarta. Tidak perlu harus mengantre lagi, sekarang pun paspor bisa dikirim langsung ke rumah ketika sudah jadi.

Cara urus Paspor Imigrasi di Jakarta Timur

Cara urus paspor imigrasi bisa via online di daerah Jakarta Timur, kantor imigrasinya menyediakan pengiriman melalui jalur yang bekerjasama dengan marketplace.

Bagi yang sering belanja online jelas tidak asing lagi dengan istilah marketplace ini. Bahkan sebutan-sebutan lainnya seperti toko oren, toko hijau dan lainnya.

Dengan layanan ini, maka pemohon pembuatan paspor pun tidak perlu repot-repot untuk pergi ke kantor imigrasi ketika paspornya sudah jadi.

Jelas banyak pemohon yang rumahnya berjauhan dengan kantor imigrasi terutama di Jakarta yang jelas daerahnya padat penduduk dan jarak yang dekat pun terasa jauh karena kemacetan daerah tersebut.

Cara urus Paspor Imigrasi di Jakarta Timur
Ilustrasi paspor imigrasi (foto: CNN Indonesia)

Cara membuat paspor secara online di M-Paspor

Lantas bagaimana cara pembuatan paspor tersebut agar bisa dikirimkan via marketplace berikut merupakan penjelasannya

Untuk pengiriman melalui marketplace, ada syarat dalam pembuatan paspor ini, yaitu pembuatan paspor harus di Kantor Imigrasi Jakarta Timur.

Sehingga penduduk yang tinggal di daerah Jakarta Timur dimudahkan untuk pembuatan dan pengiriman paspornya.

Pembuatan paspor melalui online yaitu melalui aplikasi M-Paspor, berlaku untuk pembuatan paspor baru atau lama.

Setelah itu, pemohon membayar biaya untuk pembuatan paspor yang dipilih, paspor biasa atau paspor elektronik (e-passport).

Pemohon yang sudah melakukan pembayaran akan dikirimkan email untuk konfirmasi kedatangan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Pemohon pun membawa persyaratan yang diminta sebelum menuju kantor imigrasi dan juga bukti pembayaran agar dikumpulkan kepada petugas untuk melakukan verifikasi data, sidik jari dan wawancara.

Paspor akan jadi selama 4 hari dan tidak ada biaya tambahan ketika di kantor imigrasi nanti. Namun, untuk paspor harus diambil lagi setelah jadi kecuali kita memang memakai pilihan pengiriman melalui marketplace.

Pengiriman paspor melalui marketplace

Layanan ini tidak berlaku jika penggantian paspor lama dikarenakan rusak atau hilang. Kemudian layanan ini melalui marketplace Tokopedia.

Akun toko yaitu Koperasi Pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Timur, pilih pengiriman melalui jasa kurir di Tokopedia.

Setelah itu unggah foto atau hasil scan bukti pembayaran paspor dengan jelas. Tuliskan alamat secara rinci dan jelas.

Ada biaya sekitar 30 ribu rupiah yang sudah meliputi pengambilan paspor oleh orang yang bukan keluarga, termasuk meterai dan jasa pengemasan.

Namun, biaya belum termasuk ongkos kirim berdasarkan ekspedisi yang dipilih oleh pemohon.

Waktu pengiriman yaitu empat hari sejak pengambilan foto dan sidik jari, sama dengan waktu pengambilan secara offline atau langsung ke kantor imigrasi.

Estimasi waktu yaitu jika pergi ke kantor imigrasi sesuai konfirmasi kedatangan di M-Paspor yaitu pengambilan foto, sidik jari dan lainnya pada hari Senin maka paspor akan dikirimkan pada hari Jum’at.

Jika hari Selasa, maka akan dikirimkan di hari Senin. Jika melakukan foto dan sidik jari pada hari Rabu, maka akan dikirimkan pada hari Selasa.

Jika pada hari Kamis maka akan dikirimkan hari Rabu. Dan jika pemohon melakukannya di hari Jum’at maka akan dikirimkan pada hari Kamis karena sesuai jam kerja dan ketentuan yang berlaku.

Untuk hari libur nasional dan tanggal merah juga tidak akan dihitung. Dan Kantor Imigrasi Jakarta Timur juga menyediakan layanan informasi dan pengaduan melalui aplikasi Whatsapp serta media sosial Instagram.

Nah, itu tadi informasi mengenai cara urus paspor imigrasi di Jakarta via online dan pengirimannya bisa lewat marketplace!