sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Kampanye pelarian Men’s Mental Health Awareness Month yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, khususnya bagi kaum laki-laki berhasil digelar oleh Perusahaan kreatif Creative Tribe, bersama HatiPlong, RAD 1440, Vox Populi, seniman Baraka, dan sejumlah komunitas olahraga.

Acara tersebut berlangsung beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kampanye pelarian pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 dan mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Pada kesempatan ini, pelarian kembali digelar untuk memperingati bulan kesadaran kesehatan mental laki-laki yang dirayakan di berbagai belahan dunia.

Pesan Kegiatan Kampanye Pelarian

Iman Sadeqh, Strategic Planner Creative Tribe, menyampaikan pesan penting kampanye ini, “Kami mengajak kepada seluruh teman-teman untuk mendukung dan berpartisipasi dalam acara lari santai ini.”

Kampanye ini juga melibatkan seniman Baraka, yang memulai karir seni sebagai bentuk pelariannya dari isu kesehatan mental dan kecemasan yang pernah dihadapinya.

Peserta kampanye diajak untuk berlari santai bersama sambil mengenakan kaus putih sebagai simbol apresiasi dan kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain.

Aktivitas Kampanye Pelarian

Setelah berlari, peserta dapat mengikuti berbagai aktivitas lain, seperti diskusi dan curhat santai bersama psikolog dari HatiPlong, serta menikmati penampilan musik dari seniman seperti Simon, Odeq, dan YSVN (We are neurotic).

Baraka Mini Showcase: Transcend #BARAKAGOBEYOND

Selain merayakan Men’s Mental Health Awareness Month, acara ini juga menjadi momen pembuka Baraka Mini Showcase bertema Transcend #BARAKAGOBEYOND.

Showcase ini berlangsung dari 29 Juni hingga 28 Juli 2024 di BIRU Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baraka menampilkan lebih dari 20 karyanya yang dibuat dalam kurun waktu 2021 – 2024, termasuk karya canvas dan artpaper yang mencerminkan perjalanan dirinya dalam menemukan identitas.

Baraka menyampaikan pesan mendalam mengenai showcase ini, “(Showcase) BARAKAGOBEYOND yang gue maksud disini adalah melampaui batas. Untuk mencapai kesadaran penuh, kita harus melampaui batas kemampuan dari diri kita sendiri.

Bisa berupa kenangan masa lalu, atau hurt and pain yang kita miliki hingga mengubah itu semua menjadi suatu pelajaran dan hal yang positif.”

Acara Kampanye pelarian Men’s Mental Health Awareness Month ini tidak hanya berfokus pada kesadaran akan kesehatan mental laki-laki tetapi juga memberikan ruang bagi ekspresi seni dan dukungan komunitas, memperkuat pesan bahwa penting untuk mengakui dan merawat kesehatan mental diri sendiri dan orang lain.