Bocoran Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1 dan 3 Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen untuk PPG 2025

HAIJAKARTA.ID- Bocoran kunci jawaban post test PPA umum 1 dan 3 modul pembelajaran dan Asesmen untuk PPG 2025 nantinya!
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2025 kini tengah berlangsung dan menjadi salah satu bentuk peningkatan kompetensi profesional bagi para pendidik di Indonesia.
Dalam rangka mendukung kelancaran proses pelatihan tersebut, para guru dihadapkan dengan serangkaian ujian post test yang bertujuan mengevaluasi pemahaman mereka terhadap materi modul yang telah dipelajari, salah satunya adalah Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen.
Bocoran Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1 – Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen
Untuk membantu para guru dalam menjawab soal-soal post test tersebut, berikut ini disajikan kunci jawaban yang dapat dijadikan referensi dalam mengerjakan Post Test PPA Umum 1 dan Umum 3:
Soal 1
Seorang guru PJOK akan mengajarkan materi lari jarak jauh. Beberapa murid tidak bisa mengikuti karena alasan kesehatan dan belum sarapan.
Jawaban: E. Guru harus terlebih dahulu memastikan kondisi fisik setiap murid sebelum menentukan jarak tempuh yang akan dilakukan. Pendekatan ini mengedepankan keamanan dan kesiapan siswa dalam pembelajaran berbasis aktivitas fisik.
Soal 2
Dalam konteks literasi menulis Bahasa Indonesia, ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa sangat beragam.
Jawaban: D. Guru disarankan menyusun panduan dan memberikan tugas yang disesuaikan dengan tingkat keterampilan masing-masing siswa agar pembelajaran lebih efektif dan adil.
Soal 3
Keterbatasan fasilitas membuat guru PJOK sulit melakukan praktik bola voli di sekolah.
Jawaban: D. Solusi terbaik adalah menyusun panduan observasi sederhana yang bisa digunakan oleh semua guru PJOK sebagai acuan penilaian keterampilan, meskipun sarana praktik terbatas.
Soal 4
Kelas yang awalnya homogen menjadi lebih beragam secara budaya, karena hadirnya siswa baru dari luar Jawa.
Jawaban: D. Langkah bijak adalah melibatkan seluruh siswa dalam diskusi materi menggunakan Bahasa Indonesia agar semua merasa terlibat dan paham.
Soal 5
Siswa meminta kebebasan dalam menentukan tema pembuatan poster.
Jawaban: E. Guru sebaiknya melakukan survei minat terlebih dahulu agar tema yang dipilih relevan dan mampu memotivasi siswa dalam berkarya.
Post Test PPA Umum 3 – Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen
Soal 1
Guru Bahasa Inggris menemukan lemahnya kemampuan menulis siswa kelas 12 dan belum punya asesmen tertulis.
Jawaban: D. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan dinilai lebih efektif karena bisa menilai perkembangan secara berkala dan berkesinambungan.
Soal 2
Guru Matematika menghadapi siswa dengan kemampuan berbeda dalam memahami
konsep perkalian.
Jawaban: E. Prioritas utama adalah memastikan dulu bahwa siswa menguasai perkalian dasar sebelum diberikan soal yang lebih kompleks.
Soal 3
Perbedaan gaya belajar siswa (visual dan auditori) menjadi tantangan dalam pembelajaran.
Jawaban: E. Solusi ideal adalah menyediakan media pembelajaran yang beragam, seperti teks, video, dan presentasi lisan untuk mengakomodasi semua gaya belajar.
Soal 4
Pelatih ekstrakurikuler menari menghadapi siswa dengan tingkat kemampuan yang beragam.
Jawaban: B. Meminta siswa yang lebih mahir membantu temannya adalah cara yang efektif untuk melatih solidaritas dan meningkatkan kemampuan secara kolektif.
Soal 5
Terjadi konflik antarsuku di kelas yang mengganggu pembelajaran.
Jawaban: E. Guru perlu membuat kelompok belajar campuran yang mendorong kolaborasi antar siswa dari latar belakang berbeda untuk menumbuhkan saling pengertian dan kerja sama.
Dengan mengacu pada jawaban-jawaban ini, diharapkan para guru dapat memahami esensi dari pembelajaran berdiferensiasi, asesmen autentik, serta pendekatan yang lebih humanis dan adaptif dalam proses mengajar.
Meskipun kunci ini bisa dijadikan referensi, penting untuk tetap memahami konteks dan prinsip pedagogis di balik setiap pilihan.