sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Heru Budi Hartono, Pj Gubernur DKI Jakarta tekankan jaga sikap dan perilaku pada atlet yang akan berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Dalam pelepasan atlet kontingen DKI Jakarta, Heru menekankan pentingnya menjaga nama baik DKI Jakarta melalui sportivitas dan ‘fair play’.

Heru berpesan kepada para atlet agar selalu menjunjung tinggi sportivitas di setiap pertandingan.

Ia mengingatkan bahwa kemenangan sejati bukan hanya diukur dari medali yang diraih, tetapi juga dari sikap dan perilaku atlet di lapangan.

“Untuk selalu diingat bagi seluruh atlet terus jaga nama baik DKI Jakarta. Fair play dan juga tetap sportif dalam menjalani PON XXI/2024. Sikap dan perilaku para atlet di lapangan juga tak lepas dari sebuah kemenangan sejati, bukan hanya lewat medali,” kata Heru dalam sambutannya, Senin (19/8/2024).

1046 Atlet DKI Jakarta Siap Bertanding

Heru mengucapkan selamat kepada 1046 atlet yang akan berjuang di PON XXI/2024.

Mereka akan bertanding dalam 743 dari total 1042 nomor pertandingan, atau sekitar 71,30 persen dari seluruh nomor yang dipertandingkan.

Atlet DKI Jakarta akan tersebar di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Utara, dengan 489 atlet bertanding di Aceh dan 557 atlet di Sumatera Utara.

Heru juga berharap kontingen DKI Jakarta dapat memperbaiki prestasi yang mereka raih pada PON Papua 2021, di mana DKI Jakarta menempati posisi kedua di klasemen akhir perolehan medali.

Targetkan Juara Umum

Ketua KONI DKI Jakarta, Hidayat Humaid, menyampaikan bahwa target kontingen DKI Jakarta pada PON XXI/2024 adalah menjadi juara umum dengan perolehan 207 medali emas.

Sebagai bentuk apresiasi, KONI DKI Jakarta telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan universitas negeri serta swasta.

MoU ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada atlet berprestasi agar dapat diterima di perguruan tinggi, memperoleh beasiswa, dan mendapatkan kemudahan dispensasi selama pemusatan latihan dan kejuaraan. Selain itu, atlet yang berprestasi juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di BUMD sesuai dengan bidang mereka.

Heru menegaskan bahwa Pekan Olahraga Nasional adalah ajang untuk membuktikan diri, meraih prestasi, dan melahirkan atlet-atlet unggul yang akan membawa masa depan olahraga Indonesia ke level yang lebih tinggi.

“Kami jajaran pemprov DKI bersama masyarakat akan selalu support dan iringi setiap atlet dengan doa terbaik,” tutup Heru.

PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara

PON XXI/2024 akan berlangsung pada 8 hingga 20 September 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Ajang ini diharapkan menjadi puncak kompetisi olahraga nasional yang tidak hanya mempromosikan semangat kompetisi, tetapi juga memperkuat kebanggaan terhadap daerah masing-masing.

DKI Jakarta bertekad untuk menjadi juara umum, mengungguli pencapaian sebelumnya, serta memberikan dampak positif bagi perkembangan olahraga di Jakarta dan Indonesia.