sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan berhasil memadamkan kebakaran di Jalan Lapangan Ros III, RT 03/05, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, pada Selasa (3/9/2024) malam.

Kebakaran yang melanda sebuah rumah tinggal ini diduga disebabkan oleh korsleting listrik.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, Syamsul Huda, mengungkapkan bahwa sebanyak 22 unit mobil pemadam dan 70 personel dikerahkan untuk memadamkan api.

“Kebakaran hebat terjadi di sebuah rumah. Kami melakukan proses pemadaman sekitar pukul 20.18 WIB. Pada waktu itu pemadaman berjalan sekitar 30 menit sehingga tepat pada 20.40 WIB api berhasil mati ,” ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Luas area yang terbakar sekitar 100 meter persegi, dan rumah tersebut dihuni oleh lima Kepala Keluarga dengan total 16 jiwa.

Setelah api berhasil dikuasai, tim pemadam segera melanjutkan dengan proses pendinginan untuk memastikan tidak ada bara api yang tersisa.

“Pukul 21.22 WIB, proses pendinginan sudah selesai,” tambah Huda.

Kronologi Kejadian Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III

Menurut Sunarno, Satgas Gulkarmat Kelurahan Bukit Duri, kebakaran pertama kali diketahui oleh anak-anak yang sedang melintas di depan rumah tersebut.

Warga sekitar sempat mencoba membantu memadamkan api, namun api dengan cepat menyebar dan melalap seluruh bagian rumah.

Terdapat korban patah tulang atas nama Rehan (26) yang mencoba membantu proses pemadaman.

“Korban (Rehan) awalnya berniat membantu namun terpeleset dan patah tulang. Langsung mendapatkan penanganan dari petugas,” jelas Sunarno.

Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik ini menjadi pengingat akan pentingnya perawatan instalasi listrik di rumah-rumah.

Pihak Gulkarmat Jakarta Selatan mengimbau masyarakat untuk rutin memeriksa instalasi listrik dan segera memperbaiki jika terdapat kerusakan.