sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Kejadian bermula dari TPS di Marunda Jakarta Utara terbakar yang diduga disebabkan dari sebuah puntung rokok.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara mengevakuasi kebakaran TPS di Jalan Marunda Baru, Cilincing, Jakarta Utara, pada Senin (23/9).

Hasil investigasi awal mengindikasikan bahwa kebakaran tersebut dipicu oleh puntung rokok.

Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Gatot Sulaeman, menjelaskan bahwa kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang masih menyala dan dibuang sembarangan di lokasi tersebut, bukan dari aktivitas pembakaran sampah.

“Diduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang begitu saja tanpa dimatikan terlebih dahulu. Hal ini yang mengakibatkan terjadinya kebakaran di area TPS,” kata Gatot, Rabu (25/9).

Dampak TPS di Marunda Jakarta Utara Terbakar

Gatot juga menjelaskan bahwa saat kejadian, ada satu unit truk sampah yang biasa digunakan oleh Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara untuk mengangkut sampah.

Meskipun api sempat menjalar ke bagian belakang truk hingga ban kanan, kerusakan yang dialami hanya bersifat minor.

“Untungnya kerusakannya kecil hanya bagian belakang truk hingga mengarah ke ban kanan yang sempat tersambar api,” ujarnya.

Berkat tindakan cepat dari petugas, kebakaran berhasil dipadamkan dengan cepat, sehingga kerusakan yang ditimbulkan tidak terlalu parah.

Tanggapan Petugas TPS di Marunda Jakarta Utara Terbakar

Gatot menegaskan bahwa TPS tersebut dilayani oleh Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, dengan 1-2 truk sampah yang diangkut setiap harinya.

Kebakaran ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 20.06 WIB, setelah warga melakukan pembakaran sampah dan kemudian meninggalkan lokasi.

“Api kemudian membesar hingga menyambar truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta,” jelasnya.

Luas area yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 160 meter persegi, dengan estimasi kerugian sekitar Rp 50 juta.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Korban nihil,” tambah Gatot, memberikan harapan bahwa insiden serupa dapat dihindari di masa depan dengan kesadaran akan bahaya pembuangan puntung rokok sembarangan.