sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Bapak dan Ibu calon guru hebat, inilah jawaban Modul 2 PPG 2025 Topik 3 Experiential Learning.

Sesaat lagi kita akan bahas bersama soal dan juga kunci jawaban Modul 2 PPG 2025 Topik 3 Experiential Learning.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 merupakan bagian penting dalam rangka menyiapkan guru profesional yang tidak hanya menguasai materi ajar, tetapi juga mampu menerapkannya secara kontekstual dalam dunia pendidikan.

Salah satu komponen penting dari program ini adalah penguasaan terhadap modul pembelajaran, termasuk Modul 2 yang menjadi fokus pengembangan kompetensi pedagogik dan profesional peserta.

Modul 2 dirancang untuk menantang kemampuan berpikir kritis calon guru serta memperdalam pemahaman mereka terhadap pendekatan-pendekatan pembelajaran yang efektif, relevan, dan aplikatif di kelas.

Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam terhadap materi ini sangat diperlukan, tidak hanya untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik, tetapi juga sebagai bekal dalam praktik mengajar yang sesungguhnya.

Jawaban atas tugas-tugas di Modul 2 menjadi refleksi dari bagaimana peserta memahami teori dan mampu menghubungkannya dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Untuk membantu para peserta PPG dalam memahami arah pembelajaran dan penilaian yang diharapkan, diperlukan penjelasan yang sistematis, jelas, dan sesuai dengan kerangka kerja kurikulum yang digunakan.

Kunci Jawaban Modul 2 PPG 2025 Topik 3 Experiential Learning

Soal Pilihan Ganda

1. Apa yang dimaksud dengan Experiential Learning menurut David Kolb?
A. Pembelajaran yang hanya mengandalkan teori tanpa pengalaman praktis
B. Pembelajaran yang berfokus pada pengalaman langsung sebagai sumber utama pengetahuan
C. Pembelajaran yang mengutamakan penggunaan teknologi dalam proses belajar
D. Pembelajaran yang mengandalkan instruksi langsung dari pengajar
E. Pembelajaran berbasis text book
Jawaban yang tepat ialah: B. Pembelajaran yang berfokus pada pengalaman langsung sebagai sumber utama pengetahuan

2. Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan komponen dari model Experiential Learning Kolb?
A. Pengalaman konkrit
B. Refleksi aktif
C. Konseptualisasi abstrak
D. Pengujian aktif
E. Refleksi
Jawaban yang tepat ialah: B. Refleksi aktif

3. Yang tidak termasuk dalam experiential learning adalah …
A. Yang dilihat dari belajar adalah output
B. Belajar adalah proses
C. Belajar adalah proses adaptasi
D. Belajar adalah transaksi antara individu dengan lingkungan
E. Belajar adalah proses mengalami
Jawaban yang tepat ialah: A. Yang dilihat dari belajar adalah output

4. Belajar adalah proses yang menyeluruh, dalam hal ini meliputi …
A. Fungsi kognisi, emosi, persepsi, dan perilaku
B. Fungsi kognisi dan output
C. Fungsi perilaku, emosi, dan adaptasi
D. Fungsi pengalaman
E. Semua jawaban benar
Jawaban yang tepat ialah: A. Fungsi kognisi, emosi, persepsi, dan perilaku

5. Belajar melibatkan pembelajaran baru dengan pembelajaran sebelumnya, dalam hal ini belajar merupakan …
A. Proses adaptasi
B. Transaksi sinergis
C. Proses re-learning (belajar kembali)
D. Proses penemuan kembali
E. Semua jawaban benar
Jawaban yang tepat ialah: B. Transaksi sinergis

6. Dalam model Kolb, tahap “Konseptualisasi Abstrak” merujuk pada …
A. Menyusun teori atau konsep berdasarkan pengalaman yang telah terjadi
B. Melakukan eksperimen dan mencoba hal baru
C. Merenungkan pengalaman yang dialami dan membuat rencana tindakan
D. Mengalami dan merasakan suatu kejadian atau situasi baru
E. Memahami kejadian yang pernah dialami
Jawaban yang tepat ialah: A. Menyusun teori atau konsep berdasarkan pengalaman yang telah terjadi

7. Individu dengan gaya belajar aktif dalam model Kolb cenderung …
A. Membuat keputusan berdasarkan pengalaman langsung dan cepat bereaksi terhadap situasi
B. Mengalami kesulitan dalam memahami teori atau konsep tanpa aplikasi praktis
C. Lebih suka merenung dan berpikir sebelum bertindak
D. Cenderung menghindari situasi yang tidak terstruktur
E. Bereaksi dengan berpikir panjang
Jawaban yang tepat ialah: A. Membuat keputusan berdasarkan pengalaman langsung dan cepat bereaksi terhadap situasi

8. Pada tahap “Pengujian Aktif” dalam model Kolb, individu akan …
A. Mengembangkan ide-ide baru dan teori berdasarkan pengalaman yang telah diamati
B. Mencoba konsep atau ide yang telah dipikirkan dalam situasi nyata
C. Merenung tentang pengalaman dan mencoba mengerti arti dari pengalaman tersebut
D. Mengorganisir informasi secara sistematik
E. Menciptakan ide yang revolusioner untuk diterapkan
Jawaban yang tepat ialah: B. Mencoba konsep atau ide yang telah dipikirkan dalam situasi nyata

9. Seorang peserta pelatihan yang selalu mengamati situasi secara mendalam dan lebih suka merenungkan pengalaman mereka daripada langsung bertindak cenderung memiliki gaya belajar …
A. Aktif
B. Reflektif
C. Teoretis
D. Pragmatis
E. Dogmatis
Jawaban yang tepat ialah: B. Reflektif

10. Untuk dapat membantu siswa dalam mengenali gaya belajarnya, guru dapat melakukan observasi dan pencatatan perilaku. Tahapan observasi dan pencatatan perilaku yang dapat dilakukan guru adalah …
A. Menentukan target perilaku
B. Menentukan siapa yang akan melakukan observasi
C. Menentukan durasi pengamatan
D. Menentukan alat yang dipergunakan untuk pengamatan
E. Semua jawaban benar
Jawaban yang tepat ialah: D. Menentukan alat yang dipergunakan untuk pengamatan

Demikianlah jawaban Modul 2 PPG 2025 Topik 3 Experiental Learning. Semoga membantu dan selamat mengerjakan!