sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Banjir di kolong Tol Pondok Kelapa sebabkan kemacetan pada arus lalu lintas di Jalan Raya Kalimalang, yang menghubungkan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, hingga depan Perumahan Grand Kota Bintang, Bekasi Barat, hari ini (6/7/2024).

Banjir yang melanda area tersebut belum surut sejak siang hari, menyebabkan gangguan besar bagi para pengendara.

Hingga malam ini banjir di sekitaran kolong Tol Pondok Kelapa yang menuju arah Jakarta masih belum menunjukkan tanda-tanda surut.

Banyak dari pengendara motor memilih untuk mematikan kendaraan mereka dan memilih untuk menunggu di pinggir jalan, berharap banjir sedikit lebih surut.

Sementara sebagian lainnya memutuskan untuk putar balik untuk mempersingkat waktu untuk pulang.

Hal ini memperkeruh kemacetan yang terjadi di area tersebut.

Seiring semakin larut malam, volume kendaraan yang melewati kedua jalur Kalimalang meningkat, menambah parah kemacetan yang terjadi.

Di tengah situasi macet, sejumlah pengendara motor mencoba mencari jalan alternatif dengan melewati “jalan tikus” yang minim penerangan lampu jalan.

Belum terlihat adanya pihak kepolisian yang membantu jalannya lalin tersebut.

Warga menginformasikan bahwa banjir disebabkan karena luapan aliran Kalimang akibat hujan sejak pagi tadi.

“Sering tapi nggak selalu banjir. Ini karena luapan Kalimalang naik memang terus jalan sampai sini,” kata Buyo, seorang warga sekitar, saat ditemui di lokasi.

Buyo menambahkan bahwa banjir di jalur penghubung antara Jakarta Timur dan Bekasi Barat tersebut biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk surut, mengingat airnya berasal dari aliran Kalimalang.

“Kalau kalinya turun baru surut biasanya juga gini, pernah aja,” ucapnya.

Situasi banjir di kolong Tol Pondok Kelapa ini memperburuk kondisi lalu lintas di kawasan tersebut dan menambah ketidaknyamanan bagi para pengendara yang terjebak dalam kemacetan.