sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam Forum Bisnis Promosi Pariwisata Dalam Negeri, yang diadakan di Hotel Luwansa Manado.

Acara ini merupakan bagian dari upaya mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, serta bertujuan untuk meningkatkan mobilitas wisatawan nusantara ke Jakarta.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, menyatakan bahwa kegiatan promosi pariwisata terpadu ini melibatkan langsung industri pariwisata Jakarta.

“Forum Bisnis Pariwisata Dalam Negeri ini dapat menjadi jembatan yang kuat untuk meningkatkan sinergi antara pelaku pariwisata Jakarta dan berbagai pemangku kepentingan di kota-kota lain, serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata,” ujar Andhika.

Tujuan Forum Bisnis Pariwisata Dalam Negeri

Andhika menjelaskan bahwa forum ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat hubungan bisnis, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha pariwisata untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka.

“Kami berharaf kegiatan ini akan dikembangkan dan lebih efektif kedepanny, sehingga dapat memperluas jaringan visibilty destinasi wisata Jakarta serta membuat jangkauan yang luas pada pasarnya,” kata Andhika pada Kamis (8/8).

Target Forum Bisnis Pariwisata Dalam Negeri

Pemprov DKI Jakarta mendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara.

Forum ini diinisiasi untuk mempertemukan pelaku industri pariwisata dari hotel, agen perjalanan, hingga komunitas lokal untuk berkolaborasi dalam mengembangkan potensi pariwisata Jakarta.

“Untuk itu diharapkan kegiatan Forum Bisnis Promosi Pariwisata Dalam Negeri dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta,” ucapnya.

Forum ini juga diharapkan menjadi platform strategis untuk membahas inovasi baru dalam pemasaran pariwisata, memperkuat kerjasama antar-stakeholder, dan menghadirkan berbagai paket promosi menarik yang dapat memikat wisatawan domestik.

Kegiatan Forum Bisnis Pariwisata Dalam Negeri

Acara ini menampilkan sesi corporate gathering, destination presentation, dan business networking yang memberikan kesempatan bagi peserta pameran dari Jakarta untuk menginformasikan tentang kemajuan, keanekaragaman, dan keunikan kota Jakarta.

“Targetnya yakni menciptakan kemitraan yang baru dalam industri pariwisata lokal potensi,” tandasnya.

Forum ini melibatkan partisipasi aktif dari berbagai sektor industri pariwisata Jakarta, termasuk maskapai penerbangan, hotel, pengelola destinasi wisata, pusat belanja, biro perjalanan, dan usaha kecil menengah.

Acara ini juga didukung oleh kantor-kantor swasta, kantor pemerintahan, serta Biro Perjalanan Wisata setempat selama pelaksanaan Table Top Business to Business.

Selain di Manado, kegiatan ini juga diselenggarakan di Semarang, Pekanbaru, dan Balikpapan dengan target jangka panjang peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dari keempat kota tersebut.