Cara Cek Desil DTSEN dengan Mudah Lewat Aplikasi dan Website Resmi
HAIJAKARTA.ID – Cara cek Desil DTSEN kini semakin mudah dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos untuk membantu masyarakat mengetahui status kesejahteraan keluarganya secara akurat. Sebelum mengetahui cara cek Desil DTSEN ketahui dahulu apa itu Desil DTSEN? yaitu singkatan dari Data Tunggal Sosial dan Ekonomi (DTSEN). Data ini dibutuhkan untuk pengelolaan data tunggal sosial dan ekonomi nasional.
Data Desil digunakan pemerintah sebagai dasar dalam menetapkan kebijakan, melakukan perencanaan, hingga mengevaluasi program pembangunan. Informasi tersebut menjadi rujukan utama dalam penyaluran berbagai jenis bantuan sosial.
Desil dapat diakses melalui akun pendamping, pihak desa, maupun pemerintah kabupaten/kota melalui aplikasi SIKS-NG. Selain itu, masyarakat juga bisa memeriksa status desil secara mandiri melalui situs web Cek Bansos.
Cara cek Desil DTSEN Via Aplikasi
Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara cek Desil DTSEN via aplikasi:
1. Unduh aplikasi “Cek Bansos” di App Store atau Play Store
2. Buka aplikasi dan login dengan akun yang sudah dibuat
3. Jika belum registrasi klik “Buat Akun”
4. Isi data diri dan unggah dokumen seperti foto KTP dan swafoto dengan KTP
5. Jika sudah login kembali dengan akun baru, klik “Profil”
6. Status bantuan akan nampak beserta dengan informasi desil dan data wilayah
Cara Cek Desil DTSEN Via Website
Selain melalui aplikasi cara cek Desil DTSEN juga bisa kamu lakukan melalui via website, seperti berikut ini:
1.Pertama kamu bisa langsung buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi informasi daerah seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa
3. Masukan nama lengkap sesuai dengan yang tertera dalam KTP
4. Masukan kode captcha
5. Klik “Cari Data”
6. Jika terdaftar sebagai penerima bansos, maka laman akan menampilkan status bansos yang diterima (PBI-JK, BPNT, PKH dan lainnya)
7. Selain itu, laman akan menampilkan informasi riwayat pencairan dan kategori desil penerima
Sebagai informasi, sistem desil terbagi ke dalam 10 kelompok. Warga yang berhak menerima bansos adalah mereka yang berada pada kategori desil 1 hingga 5.
Meski begitu, posisi desil dapat berubah mengikuti kondisi ekonomi masing-masing warga. Karena itu, penerima bansos disarankan untuk rutin memantau pembaruan status desil mereka pada sistem DTSEN.
Cara Terdaftar di DTSEN Online/Offline
Sebelum kamu cek Desil DTSEN, pastikan kamu sudah terdaftar di DTSEN. Untuk mengetahui Cara daftar nya kamu bisa melakukan pendaftaran melalui online ataupun offline.
Cara Online
1. Mengajukan permohonan akun DTSEN pada laman https://dtsen.data.go.id/register
Mengisi formulir dengan melampirkan surat permohonan akun (bisa diunduh di https://dtsen.data.go.id/#)
2. Mengisi data nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor handphone, dan instansi.
3. Mengisi data diri secara lengkap mulai dari NIK, email, dan lainnya
4. Menunggu verifikasi akun oleh tim DTSEN
5. Setelah diverifikasi, data berisi akun DTSEN dikirim lewat email
6. Jika data diri sudah tercantum dalam DTSEN dan masuk ke dalam kategori desil 1-5, maka kemungkinan besar dapat menerima bansos.
Cara Offline
1. Datang ke kantor dinas sosial terdekat
2. Bawa dokumen fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP, surat keterangan tidak mampu (SKTM), dan foto rumah tampak depan
3. Petugas kemudian memeriksa surat dan kelengkapan berkas
4. Petugas memverifikasi data pemohon lewat aplikasi
5. Petugas membuat surat keterangan verifikasi data untuk disampaikan ke kepala bidang (kabid) terkait
6. Kabid menerima surat keterangan dan kemudian diserahkan ke kepala dinas
untuk menandatangani surat keterangan
7. Petugas menyelesaikan administrasi surat dan menyerahkan ke pemohon
8. Pemohon menerima surat keterangan
Dengan mengetahui cara cek Desil DTSEN, masyarakat dapat memastikan apakah status kesejahteraan mereka masih sesuai dengan data terbaru yang digunakan pemerintah dalam penyaluran bansos.
Mengingat posisi desil dapat berubah mengikuti kondisi ekonomi rumah tangga, masyarakat diimbau untuk mengecek status desil secara berkala melalui kanal resmi yang telah disediakan.
Langkah sederhana ini membantu memastikan data tetap akurat, sehingga hak penerimaan bantuan sosial dapat diterima secara tepat sasaran.
