Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka lowongan kerja untuk 11 posisi.

Anak perusahaan KAI, KAI Properti membuka lowongan kerja dengan formasi yang cukup beragam dan ditujukan untuk lulusan Sarjana (S1) maupun Sarjana Terapan (DIV).

Lowongan kerja ini dibuka bagi lulusan yang ingin berkontribusi di dunia properti dan konstruksi perkeretaapian.

“KAI Properti membuka kesempatan bagi talenta terbaik bangsa untuk bergabung bersama kami,” tulis KAI Properti pada akun Instagram resminya, dikutip Jumat (26/9/2025).

Lowongan kerja KAI Properti dibuka untuk 11 posisi, mulai dari konstruksi, properti, hingga marketing.

Proses pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga Selasa, 30 September 2025.

Posisi Lowongan Kerja KAI Properti

Anak perusahaan KAI ini membuka 11 posisi yang dibuka untk S1 dan DIV dengan rincian berikut ini.

  • Staff Bidang Konstruksi Jalan Rel dan Jembatan
  • Staff Bidang Konstruksi Gedung
  • Staff Bidang Properti
  • Staff Bidang Supply Chain Management
  • Staff Bidang Keuangan
  • Staff Bidang Human Capital
  • Staff Bidang Pengembangan Bisnis
  • Staff Bidang Safety, Health & Environment
  • Staff Bidang Humas & Protokoler
  • Staff Bidang Perawatan Jalan Rel dan Jembatan
  • Staff Bidang Marketing

Persyaratan Melamar Lowongan Kerja KAI Properti

Ada syarat umum dan syarat khusus yang berlaku untuk setiap formasi.

Persyaratan Umum

1. Sehat jasmani dan rohani

2. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK

3. Tidak terlibat narkoba dan psikotropika

4. Tidak pernah di hukum penjara berdasarkan kekuatan hukum

5. Tidak pernah mengalami pemutusan hubungan kerja karena pensiun dini, atas permintaan sendiri, dan hukuman disiplin sebagai pegawai tetap di perusahaan/induk

6. Tidak memiliki tato

7. Tidak pernah diberhentikan di perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin

8. Perusahaan/anak perusahaan lainnya/perusahaan patungan/perusahaan terafiliasi di KAI grup

9. Memiliki sertifikasi Bahasa Inggris berupa TOEFL ITP = 500, TOEFL IBT = 61, IELTS = 5,5, atau TOEIC = 500, menjadi nilai plus

10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan

11. Memiliki akreditasi program studi “A” saat tahun kelulusan oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Nasional

12. Memiliki IPK Minimal 3,25

Persyaratan Khusus

Berikut persyaratan khusus yang harus diperhatikan untuk setiap posisi yang dibuka.

1. Staff Bidang Konstruksi Jalan Rel dan Jembatan

  • Minimal pendidikan S1/DIV jurusan Teknik Sipil
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang konstruksi jalan rel dan jembatan
  • Memiliki sertifikasi kompetensi kerja minimal level 7 (Contoh: Manajer Teknik Pembangunan Jalan Rel, dll)
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen proyek
  • Menguasai Ms Office, Ms Projects, SAP/ETABS, dan Autocad
  • Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab

2. Staff Bidang Konstruksi Gedung

  • Minimal pendidikan S1/DIV jurusan Arsitektur/Teknik Sipil/Teknik Elektro/Teknik Mesin/Teknik Perpipaan/Manajemen Proyek Konstruksi
  • Memiliki sertifikasi kompetensi kerja (SKK) minimal level 7 (Contoh: Ahli Muda Konstruksi Gedung, Ahli Muda Elektrikal Konstruksi Bangunan Gedung, dll)
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang konstruksi gedung
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen proyek
  • Menguasai Ms Office, Ms Projects, SAP/ETABS, dan Autocad
  • Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab

3. Staff Bidang Properti

  • Minimal pendidikan S1/DIV Arsitek/Teknik Sipil/Teknik Elektro
  • Memiliki sertifikasi kompetensi kerja (SKK) minimal level 7 (Contoh: Ahli Muda Perawatan Bangunan Gedung, dll)
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang properti
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen proyek
  • Menguasai Ms Office, Ms Projects, SAP/ETABS, dan Autocad
  • Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab

4. Staff Bidang Supply Chain Management

  • Minimal pendidikan S1/DIV Teknik Sipil/Teknik Industri
  • Menguasai MS Office, MS Projects, SAP/ETABS
  • Memahami jenis material konstruksi dan spesifikasi teknisnya, serta sumber pemasok yang andal
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang supply chain management
  • Memiliki sertifikasi kompetensi kerja (SKK) minimal level 7 (Contoh: Manajer Logistik Proyek, Ahli Muda Bidang Keahlian Manajemen Konstruksi, dll) menjadi nilai plus
  • Memahami perhitungan struktur, RAB & RAP
  • Memahami dinamika proyek konstruksi, seperti kebutuhan material
  • Menguasai perencanaan transportasi, jadwal pengiriman, dan pengelolaan inventaris untuk memastikan material tiba tepat waktu dan sesuai anggaran

5. Staff Bidang Keuangan

  • Minimal Pendidikan S1/DIV jurusan Perpajakan/Akuntansi/Manajemen Keuangan
  • Mengerti dan paham akuntansi, perpajakan, dan pelaporan keuangan
  • Menguasai Ms Office dan SAP
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang keuangan
  • Mampu menyusun anggaran dan pelaporan anggaran
  • Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab
  • Diutamakan memiliki sertifikasi Brevet atau Manajemen Risiko
  • Diutamakan memiliki pengalaman sebagai auditor

6. Staff Bidang Human Capital

  • Minimal pendidikan S1/DIV jurusan Psikologi/Manajemen Sumber Daya Manusia/Hukum
  • Mengerti dan paham proses administrasi kepegawaian (end to end)
  • Mampu menyusun anggaran dan pelaporan anggaran kebutuhan di bidang sumber daya manusia
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang human capital
  • Mampu menyusun rekrutmen dan pelatihan pegawai
  • Memiliki pengetahuan tentang Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21
  • Memahami peraturan undang-undang ketenagakerjaan
  • Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab
  • Diutamakan memiliki sertifikasi di bidang human capital

7. Staff Bidang Pengembangan Bisnis

  • Minimal pendidikan S1/DIV Manajemen/Teknik Industri
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang pengembangan atau konsultan properti
  • Menguasai Autocad
  • Memahami analisis keuangan dasar, seperti return on investment (ROI), net present value (NPV), dan break-even analysis
  • Mampu menyusun estimasi biaya yang akurat untuk proyek konstruksi, termasuk material, tenaga kerja, peralatan, dan biaya tidak langsung, dengan fokus pada profitabilitas
  • Mampu menganalisis peluang bisnis dan mengevaluasi risiko
  • Mahir bernegosiasi dengan klien atau mitra
  • Memahami regulasi

8. Staff Bidang Safety, Health & Environment

  • Minimal pendidikan S1/DIV jurusan Kesehatan Masyarakat/Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Memiliki sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (AK3 Konstruksi)
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang SHE
  • Mampu melakukan Job Safety Analysis (JSA) atau Hazard Identification, Risk Assessment, and Control (HIRAC) untuk mengidentifikasi risiko dan memperkirakan biaya mitigasi
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang proses konstruksi, seperti pekerjaan struktur, mekanikal, atau elektrikal
  • Mampu berkomunikasi dengan tim proyek, pekerja, dan pemangku kepentingan untuk menjelaskan kebutuhan SHE, serta memberikan pelatihan dasar K3
  • Mampu menghitung biaya untuk implementasi program K3 dan lingkungan

9. Staff Bidang Humas & Protokoler

  • Minimal pendidikan S1/DIV jurusan Ilmu Komunikasi/Public Relations/Manajemen
  • Diutamakan memiliki pengalaman dalam bidang public relations dan protokoler minimal 2 tahun
  • Memiliki kemampuan membangun dan menjaga hubungan dengan pemangku kepentingan, seperti masyarakat sekitar proyek, instansi pemerintah, klien, dan media
  • Memiliki kemampuan mengorganisir acara resmi, seperti groundbreaking, peresmian proyek, kunjungan, atau rapat dengan instansi pemerintah, termasuk menyusun rundown, logistik, dan tata cara protokoler
  • Mahir menyusun siaran pers, laporan, presentasi, atau materi komunikasi untuk keperluan humas, seperti laporan CSR atau publikasi perusahaan
  • Memahami pengelolaan media sosial, pembuatan konten, atau strategi komunikasi digital untuk mempromosikan proyek atau menangani isu publik
  • Pemahaman dasar tentang proses konstruksi

10. Staff Bidang Perawatan Jalan Rel dan Jembatan

  • Minimal pendidikan S1/DIV jurusan Teknik Sipil
  • Memiliki sertifikasi kompetensi kerja (SKK) Minimal level 7 (Contoh: Ahli Muda Bidang Keahlian Manajemen Konstruksi, Manajer Teknik Pembangunan Jalan Rel, dll)
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang jalan rel dan jembatan
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen proyek
  • Menguasai Ms Office, Ms Projects, SAP/ETABS, dan Autocad
  • Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab

11. Staff Bidang Marketing

  • Minimal pendidikan S1 semua jurusan
  • Memiliki pengalaman di bidang marketing
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang marketing
  • Memahami tren pasar, data pelanggan dan strategi pemasaran
  • Mampu membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan mitra
  • Inovatif dalam membuat strategi dan kampanye pemasaran
  • Memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai

Cara Daftar Lowongan Kerja KAI Properti

Lowongan kerja KAI Properti dibuka hingga Selasa, 30 September 2025.

Pendaftarannya dilakukan hanya secara online melalui https://kaiproperti.id/karir.

Kunjungi website resmi tersebut dan pilih lowongan yang cocok dengan kualifikasi kamu.

Klik menu “Lamar Sekarang” dan “Lamaran Cepat”.

Lalu, login ke akun Jobstreet, isi resume dan surat lamaran.

Jawab seluruh pertanyaan yang diajukan dan isi seluruh data yang diminta hingga selesai.