sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Penyaluran saldo dana PIP tahun 2025 sudah mulai akan segera disalurkan kepada siswa yang telah terdaftar dalam Dapodik.

Bantuan PIP ini nantinya akan secara langsung disalurkan ke rekening siswa. hal ini seperti yang sudah Suharti ditekankan, selaku Sekretaris Jenderal Kemendikdasmen.

“Pihak sekolah wajib mengumumkan penerima PIP, memfasilitasi aktivasi rekening, dan mengingatkan agar dana tidak dikembalikan ke kas negara,” ujarnya Suharti dalam wawancara 10 Februari 2025.

Bahkan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu’ti, juga menegaskan kalau dana rakyat seharusnya tidak diselewengkan.

Sehingga penyalurannya langsung ke rekening siswa untuk menghindarkan untuk penyelewengan dana PIP.

Namun agar dana bisa dicairkan, maka wajib untuk memahami jadwal penyaluran dan juga cara mengaktivasi rekening PIP.

Jadwal Dana PIP

Dikutip dari indonesia.go.id, penyaluran dana PIP tidak terjadi setiap bulan. Namun, penyaluran tersebut akan dibagi ke dalam tiga termin.

Berikut jadwal penyaluran dana PIP tahun 2025:

1. Termin 1 (Februari-April)

  • Dikhususkan untuk siswa KIP yang telah terdaftar dalam sistem PIP.

2. Termin 2 (Mei-September)

  • Diberikan kepada siswa yang diajukan oleh sekolah atau dinas pendidikan, serta telah mengaktivasi SK nominasi.

3. Termin 3 (Oktober-Desember)

  • Ditujukan bagi siswa yang belum menerima dana di termin sebelumnya atau yang status administratifnya telah diselesaikan.

Cara Aktivasi Rekening Bantuan Saldo Dana PIP

Selanjutnya, lakukan aktivasi rekening dengan langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi kantor bank BRI atau BNI terdekat dengan membawa Surat Keterangan aktivasi rekening SimPel dari sekolah.
  • Siapkan KTP atau KK milik orang tua/wali.
  • Bawa Kartu Tanda Anggota (KTA) atau kartu identitas pelajar yang terdaftar PIP.
  • Isi formulir pembukaan rekening SimPel PIP yang disediakan oleh bank BRI atau BNI.

Kemudian untuk dapat mengaktifkan rekening PIP, bisa datang ke bank penyalur dengan membawa dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  • Surat keterangan aktivasi rekening SimPel dari sekolah
  • KTP atau KK milik orang tua/wali
  • Kartu Tanda Anggota (KTA) atau kartu identitas pelajar yang terdaftar PIP
  • Formulir pembukaan rekening SimPel PIP

Hal Yang Harus Dipahami Untuk Aktivasi Rekening PIP

Ada yang perlu dipahami kalau ingin melakukan aktivasi rekening PIP agar dana bantuan langsung masuk.

  • Siswa SMP dan SMA/SMK dapat melakukan aktivasi rekening sendiri ke bank
  • Siswa SD harus didampingi orang tua
  • Setelah aktivasi rekening berhasil, maka akan mendapatkan buku tabungan dan kartu debit
  • Kartu debit dapat digunakan untuk menarik dana di ATM ataupun teller bank

Pahami bank penyalur PIP:

  • BRI menjadi bank penyalur PIP untuk peserta didik jenjang SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus
  • BNI menjadi bank penyalur dana PIP bagi pelajar SMA/Paket C

Cara Cek Saldo Dana PIP Lewat HP 2025

Guna memastikan mengenai status penerima bantuan PIP pada tahun 2025, siswa dapat segera mengecek melalui laman PIP Kemdikbud dengan tahapan sebagai berikut:

  • Buka situs pip.dikdasmen.go.id.
  • Pilih menu “Cari Penerima PIP” di halaman utama.
  • Masukkan NISN dan NIK yang terdaftar dalam sistem.
  • Klik “Cek Penerima PIP”

Nantinya sistem akan menampilkan data pencairan saldo dana PIP 2025 dan jadwal lengkapnya.