sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Konvoi ojol ratusan orang dari kawasan Jalan Tebet Barat Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, mulai bergerak menuju lokasi demonstrasi di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Kamis (29/8/2024).

Sekitar pukul 12.15 WIB, sekitar 300-an driver ojol memulai konvoi motor mereka, yang mendapatkan pengawalan ketat dari polisi.

“Sekitar 300 ojol sudah berangkat dan dikawal pihak kami,” kata Kasat Lantas Jakarta Selatan, Kompol Yunita Rungkat.

Rute Konvoi Ojol Menuju Patung Kuda

Dalam rangka menjaga kelancaran lalu lintas, konvoi massa ojol tidak diarahkan melalui jalur utama Jalan Jenderal Sudirman, melainkan melewati jalur alternatif melalui Kampung Melayu, kemudian Tugu Tani, sebelum akhirnya tiba di Patung Kuda.

Beberapa massa ojol sudah berkumpul di Patung Kuda, Jakarta Pusat saat ini.

Demo yang direncanakan akan berlangsung di dua lokasi utama—Istana Merdeka dan kantor pusat masing-masing perusahaan ojol—mendapat pengamanan dari sekitar 1.000 polisi.

Ketua Umum Garda Indonesia, Igun Wicaksono, dalam keterangan pers sebelumnya, menyatakan bahwa aksi ini akan diikuti oleh sekitar seribuan orang.

Tuntutan Konvoi Ojol dan Kurir

Demo yang digelar oleh ojol dan kurir ini membawa sejumlah tuntutan yang ditujukan tidak hanya kepada perusahaan aplikator, tetapi juga kepada pemerintah.

Igun Wicaksono menegaskan bahwa aksi ini dilakukan sebagai bentuk penyampaian aspirasi para driver yang merasa tertekan dengan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan dan pemerintah.

“Kami juga berharap dari pihak aplikasi mendengar aspirasi dan jeritan dari mitra. Hal ini memungkinkan adanya hubungan komunikasi yang baik dan tidak terputus. Masukan-masukan mereka juga perlu untuk diperhatikan,” ujar Igun.

Meskipun membawa tuntutan yang cukup serius, Igun menekankan bahwa aksi ini akan dilakukan secara damai, dan berharap agar semua pihak terkait dapat mendengarkan serta mempertimbangkan aspirasi yang disampaikan oleh para pengemudi ojol dan kurir.