sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Seorang remaja Bogor datangi damkar dengan tangan terborgol  dipasang oleh temannya terkunci di pergelangan tangan kirinya dan tidak bisa dilepas.

Dalam kondisi tertekan, korban yang berinisial RA (16) memutuskan mendatangi Markas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor di Sukasari, Jumat (20/9/2024), untuk meminta bantuan.

Menurut Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Damkar Kota Bogor, M. Ade Nugraha, kejadian tersebut bermula ketika RA dan temannya sedang bermain dengan borgol.

Namun, borgol yang terpasang di tangan kiri RA tidak bisa dilepaskan, dan ini membuat mereka kebingungan.

“Pelapor datang langsung ke markas dengan tangan kiri terborgol,” ujar Ade dalam keterangannya.

RA tiba di markas Damkar sekitar pukul 13.15 WIB bersama temannya.

Ketika sampai di lokasi, petugas langsung melakukan pengecekan dan memastikan bahwa borgol yang terkunci tidak dapat dilepas dengan cara biasa.

Mengingat situasi yang mendesak, petugas segera bertindak dengan menggunakan alat khusus untuk membuka borgol tersebut.

“Tangannya terjepit borgor. Ia datang bersama temannya dan tangan kirinya terkunci. Langsung datang ke Mako,” jelas Ade.

Petugas Damkar menggunakan gerinda mini untuk memotong borgol tersebut, mengingat keamanan RA menjadi prioritas utama. Meskipun proses ini tampak menegangkan, seluruh penanganan berlangsung cepat dan lancar.

Dalam waktu lima menit, petugas berhasil melepaskan borgol tanpa menimbulkan luka atau cedera pada RA.

“Pakai gerinda kecil, mini. Borgolnya bisa dilepaskan,” kata Ade.

Ade menambahkan bahwa kejadian seperti ini bukanlah yang pertama kalinya di Kota Bogor.

Sering kali, anak-anak atau remaja bermain dengan alat-alat seperti borgol tanpa menyadari risiko yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu, Ade menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, terutama saat menggunakan benda-benda yang berpotensi membahayakan.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati. Jika ada benda yang tidak bisa dilepas atau berpotensi melukai, segera cari bantuan dari pihak yang berwenang agar tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk,” imbau Ade.

RA dan temannya merasa lega setelah borgol tersebut berhasil dilepas.

Ade juga menyatakan bahwa pihak Damkar Kota Bogor selalu siap membantu masyarakat dalam situasi-situasi darurat, bukan hanya kebakaran, tetapi juga evakuasi dan pertolongan lainnya.