sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Kun Wardana Abyoto, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta berjanji untuk menyediakan program internet gratis dengan kecepatan minimal 100 megabit per second (Mbps) bagi seluruh warga Jakarta.

Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan berbagai layanan digital.

“Di jaman sekarang, internet itu perlu sekali. Oleh karena itu. kami berharap setiap rumah bisa terkoneksikan dengan internet dengan kecepatan minimal 100 Mbps,” ujar Kun Wardana usai menghadiri dialog bersama Forum Purna Pejabat Pemprov DKI di Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

Manfaat Program Internet Gratis Kun Wardana

Kun menjelaskan bahwa timnya telah melakukan kajian komprehensif terkait program tersebut, mulai dari aspek konektivitas hingga infrastruktur yang diperlukan.

Dengan tersedianya internet gratis, ia berharap warga dapat melakukan aktivitas seperti berbelanja dan berekreasi dari rumah, yang pada akhirnya bisa mengurangi kemacetan dan polusi udara di Jakarta.

“Dengan adanya internet gratis ini, warga bisa melakukan apapun dari rumah seperti berbelanja dan berekreasi yang membuat keamcetan menjadi berkurang. Sehingga sangat berdampak manfaatnya,” jelasnya.

Program internet gratis juga dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan sosial yang mungkin terjadi akibat perbedaan akses terhadap informasi.

Kun Wardana menegaskan bahwa seluruh warga Jakarta memiliki hak yang sama terhadap akses informasi, sehingga tidak boleh ada diskriminasi dalam penerapannya.

“Semua warga mendapatkan hak yang sama dalam mengakses informasi yang ada di Jakarta,” ujarnya.

Pengembangan Aplikasi JAKI

Untuk merealisasikan program ini, Kun menyebutkan bahwa akan ada kerja sama dengan operator telekomunikasi, termasuk pemberian insentif pajak sebagai bagian dari kesepakatan. Selain itu,

Kun juga menyoroti empat aspek yang akan menjadi fokus utama, yaitu perangkat, jaringan, platform digital, dan aplikasi.

Ia juga berencana menyempurnakan aplikasi JAKI, aplikasi pemerintah DKI Jakarta, menjadi super apps yang mampu memberikan berbagai layanan, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga logistik.

“Aplikasi JAKI ini mampu mencakup semua layanan hingga keuangan yang sanagat berguna bagi warga Jakarta,” tambahnya.

Selain internet gratis, pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana juga memperkenalkan program unggulan Kartu Jakartaku Aman sebagai bagian dari visi mereka untuk Jakarta yang lebih inklusif dan aman.

Program ini diharapkan dapat memberikan rasa aman serta memperkuat perlindungan sosial di masyarakat.

Pada Pilkada DKI Jakarta 2024, KPU DKI telah menetapkan tiga pasangan calon, yaitu Ridwan Kamil-Suswono dengan nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno dengan nomor urut 3.