sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – TNI mengumumkan bahwa perayaan HUT ke-79 TNI di Monas dibuka untuk umum  yang rencananya akan digelar pada 5 Oktober 2024, Jakarta Pusat.

Beragam atraksi dari tiga matra TNI, yaitu Angkatan Darat, Laut, dan Udara, akan menjadi bagian dari perayaan ini, termasuk penampilan alutsista dan hiburan rakyat.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto menyampaikan bahwa Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengajak masyarakat untuk hadir dan ikut merayakan hari ulang tahun TNI.

Ia juga berharap perayaan ini berlangsung dengan lancar dan sukses, serta menunjukkan sinergi antara TNI dan masyarakat.

“TNI tidak berdiri sendiri, TNI selalu bersama dengan masyarakat. Acara ini adalah pesta TNI dan masyarakat. Ayo bersama ramaikan parade besar ini,” ujar Hariyanto saat ditemui wartawan di Monas, Kamis (3/10/2024).

Masyarakat akan diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan berbagai alat utama sistem senjata (alutsista) yang dipamerkan, bahkan diizinkan untuk menaiki beberapa kendaraan militer yang akan ditampilkan selama parade.

Alutsista tersebut rencananya akan melintasi panggung utama yang dihadiri oleh tamu VVIP, termasuk Presiden Republik Indonesia.

“Masyarakat boleh menumpang alutsista dan ikut dalam parade,” tambah Hariyanto.

Selain itu, perayaan ini juga menyediakan makan gratis serta pembagian sembako untuk masyarakat.

Acara yang diikuti oleh sekitar 100 ribu personel ini juga akan menampilkan 1.059 alutsista, mulai dari kendaraan darat hingga perlengkapan angkatan udara.

Hiburan seperti penampilan band dan kuliner gratis turut meramaikan perayaan.

“TNI ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa segala alutsista dan anggaran yang digunakan adalah untuk melindungi rakyat, serta menunjukkan komitmen modernisasi TNI ke depan,” tutupnya.