sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID- Jurusan Kuliah S1 yang paling dicari BUMN ini bisa jadi peluang karier lebih baik!

Jika kamu bermimpi bekerja atau berkarier di perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memilih jurusan kuliah yang tepat bisa jadi langkah awal yang penting.

Berdasarkan rekrutmen BUMN tahun 2023, ada beberapa program studi (prodi) yang banyak dicari BUMN, baik dari jenjang D3, D4, S1, hingga S2.

Jurusan Kuliah S1 yang Paling Dicari BUMN

Jurusan ini dibutuhkan oleh berbagai sektor, seperti perbankan, infrastruktur, transportasi, hingga pengolahan sumber daya alam. Berikut adalah 20 jurusan kuliah S1 yang banyak dicari oleh BUMN:

1. Akuntansi

Jurusan Kuliah S1 yang Paling Dicari BUMN pertama yaitu Akuntansi. Akuntansi Diperlukan untuk mengatur dan mengelola keuangan Perusahaan terutama BUMN.

Akuntansi sering dicari oleh BUMN karena peran pentingnya dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan.

Setiap perusahaan, termasuk BUMN memerlukan pengelolaan keuangan yang transparan dan akurat.

Akuntan bertanggung jawab dalam menyusun laporan keuangan, mengelola anggaran, dan memastikan arus kas perusahaan berjalan lancar.

2. Teknik Informatika

Banyak dibutuhkan di era digital untuk mengembangkan sistem dan aplikasi perusahaan.

Lulusan Teknik Informatika sangat cocok bekerja di BUMN. Beberapa BUMN yang sedang membuka lowongan untuk lulusab Tenik Informatika seperti:  PT Telkom Indonesia, PT Adhi Karya, PT Surabaya Estate Rungkut, PT Perkebunan Nusantara.

3. Sistem Informasi

Berperan dalam pengelolaan informasi guna mendukung operasional perusahaan. Lulusan ini banyak di cari oleh Perusahaan BUMN seperti: PT Jasa Marga, PT Kimia Farma, dan PT Pos Indonesia.

Jurusan Sistem Informasi mengajarkan mahasiswa untuk menggabungkan teknologi informasi dengan aspek bisnis dan manajemen.

Di era digital ini, perusahaan BUMN sangat membutuhkan tenaga ahli yang dapat membangun dan mengelola sistem informasi.

4. Ilmu Hukum

Dibutuhkan untuk menangani masalah legal dan peraturan Perusahaan. Jurusan ini paling banyak di cari oleh BUMN.

Lulusan ini dapat bekerja di BUMN dalam posisi seperti konsultan hukum, notaris, legal dan profesi lain dibutuhkan Perusahaan.

5. Ilmu Komunikasi

BUMN sering mencari lulusan Ilmu Komunikasi karena Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki keahlian di bidang public relations, media, dan komunikasi korporat.

Jadi, lulusan ini sangat berpeluang sekali untuk masuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

6. Psikologi

Lulusan psikologi diperlukan untuk posisi HRD atau manajemen sumber daya manusia.

Psikologi jadi salah satu jurusan yang jadi incaran oleh perusahaan BUMN.

Lulusan psikologi dibutuhkan untuk mengisi posisi HRD atau SDM dan menyaring SDM yang kompeten bagi kemajuan perusahaan.

7. Teknik Sipil

Banyak dicari di sektor infrastruktur seperti pembangunan jalan, jembatan, dan gedung.

Teknik Sipil sangat sering dicari oleh BUMN, seperti Telkom dan PLN. Lulusan tenik tersebut jadi bidang prasarana, seperti tower telekomonikasi dan bendungan pembangkit Listrik.

8. Teknik Mesin

Dibutuhkan untuk memelihara dan mengembangkan teknologi di perusahaan. Lulusan ini banyak dicari oleh BUMN.

Karena Teknik Mesin jadi incaran posisi seperti Maintenance Supervisor atau posisi posisi yang bertugas untuk memonitor dan mendukung aktivitas perbaikan mesin dan peralatan produksi milik Perusahaan.

9. Teknik Industri

Berperan dalam mengoptimalkan proses produksi dan manajemen industri. Bisa banget gabung BUMN untuk berbagai posisi seperti sales, pengelolaan, dan digital platform.

10. Manajemen

Diperlukan untuk mengatur operasional dan rencana bisnis perusahaan. Tugas lulusan manajemen yang bekerja di BUMN tentu mengurusi manajerial Perusahaan.

BUMN banyak mencari lulusan Manajemen untuk Staff QC di PT Bahana Hannela Massima, Admin Keuangan di PT Sultan Asia Mandiri, Management Trainee Asisten Kepala Toko, Sales Bank BUMN.

11. Ilmu Komputer

Diperlukan untuk mendukung digitalisasi perusahaan BUMN. Lulusan Ilmu Komputer banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan BUMN seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Selain di BUMN, lulusan Ilmu Komputer juga banyak dibutuhkan di instansi pemerintah dan swasta.

12. Perpajakan

Setiap perusahaan BUMN membutuhkan lulusan perpajakan untuk mengelola urusan pajak.

Jadi, jurusan perpajakan sangat dibutuhkan untuk mengisi staff pajak, jangan ragu untuk memilih jurusan ini.

13. Ekonomi dan Bisnis

Dibutuhkan untuk mengelola aspek keuangan dan bisnis perusahaan. Jurusan ini biasanya dicari untuk lowongan BUMN perbankan.

14. Kimia

Banyak dicari oleh BUMN yang bergerak di bidang farmasi dan riset. Jurusan Kimia sering dicari untuk mengisi posisi Chemist Laboratorium/SPV Laboratorium, Enjinir Kimia Pratama, Quality Control Staff.

15. Statistika

Diperlukan untuk analisis data, riset pasar, dan kontrol kualitas di perusahaan BUMN. Lowongan ini sangat banyak dicari oleh Perusahaan BUMN seperti PT Pertamina (Persero).

16. Matematika

Lulusan matematika sering kali direkrut oleh BUMN untuk bekerja di sektor keuangan, analisis data, dan algoritma.

17. Pertanian

BUMN yang bergerak di bidang agribisnis, seperti PTPN, mencari lulusan pertanian untuk mengelola lahan dan produksi pangan.

18. Ilmu Lingkungan

Dengan semakin tingginya perhatian pada isu lingkungan, BUMN di sektor energi dan perkebunan mencari ahli lingkungan untuk memastikan operasional yang ramah lingkungan.

19. Administrasi Publik

Banyak BUMN membutuhkan lulusan ini untuk memahami kebijakan publik dan manajemen organisasi di sektor publik.

20. Hubungan Internasional

Jurusan ini diminati oleh BUMN yang memiliki banyak kerjasama dan proyek internasional, seperti Pertamina dan Telkom.

Salah satu posisis di BUMN yang sedang membutuhkan jurusan HI yaitu Manajer Operasionar Tour. Posisi ini harus membutuhkan kemampuan menjaga hubungan baik dengan mitra kerja seperti hotel, maskapai, dan lainnya.

Jurusan-jurusan di atas memberikan peluang besar untuk berkarier di BUMN dengan prospek yang cerah di masa depan.