sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID –  Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 yang dibentuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan dilaksanakan pada hari ini, Minggu (6/10/2024).

Debat ini akan menjadi momentum penting bagi para pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta untuk memaparkan visi, misi, serta program kerja mereka di hadapan publik.

Tema Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Debat perdana akan mengangkat tema “Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global.”

Tema ini mencerminkan isu-isu strategis terkait pembangunan manusia dan arah perkembangan Jakarta di masa depan, terutama dalam konteks kompetisi global.

Menurut rundown yang telah dirilis oleh KPU Provinsi DKI Jakarta, acara debat perdana ini akan berlangsung selama 150 menit, mulai pukul 19.00 hingga 21.30 WIB di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Rangkaian Segmen dalam Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Debat akan terdiri dari enam segmen yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan visi strategis dari masing-masing pasangan calon, yaitu:

Segmen Pertama

Pembukaan dan pembacaan tata tertib debat oleh KPU Provinsi DKI Jakarta, serta penyampaian visi, misi, dan program kerja masing-masing pasangan calon.

Segmen Kedua & Ketiga

Pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh moderator.

Pada sesi ini, moderator akan mengeksplorasi detail program kerja yang diajukan oleh para calon.

Segmen Keempat & Kelima

Tanya jawab dan sanggahan antara pasangan calon. Masing-masing calon akan diberi kesempatan untuk saling mempertanyakan visi dan misi lawannya serta memberikan sanggahan.

Segmen Keenam

Doa bersama yang akan menutup debat, diikuti oleh sesi konferensi pers dari masing-masing pasangan calon.

Jadwal Debat Selanjutnya

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Astri Megatari, menyatakan bahwa debat Pilkada Jakarta 2024 akan diadakan sebanyak tiga kali.

Debat kedua dijadwalkan pada 27 Oktober 2024, sementara debat ketiga akan berlangsung pada 17 November 2024.

Namun, hingga kini lokasi untuk debat kedua dan ketiga masih belum ditentukan.

“Iya, baru lokasi debat pertama yang sudah ditentukan,” ujar Astri dalam konferensi pers setelah technical meeting di KPU Jakarta Pusat.

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 akan berdurasi 150 menit.

Acara ini diharapkan memberikan kesempatan bagi warga Jakarta untuk lebih mengenal para calon dan visi mereka dalam memajukan Jakarta sebagai kota global.

Dengan adanya debat ini, masyarakat diharapkan dapat membuat pilihan yang lebih terinformasi pada Pilkada mendatang.