Cara Ajukan Sanggah PPPK 2024 Jika Gagal Seleksi Administrasi, Begini Syarat dan Jadwalnya!
HAIJAKARTA.ID- Bagaimana cara ajukan sanggah PPPK 2024 jika gagal seleksi administrasi? Begini Langkah dan cek jadwalnya
Setelah tahap seleksi administrasi PPPK 2024 ditutup pada 29 Oktober, tahapan berikutnya adalah pengumuman hasil seleksi administrasi, yang akan berlangsung dari 30 Oktober hingga 1 November 2024.
Tahapan ini akan berlanjut ke masa sanggah PPPK, yang dijadwalkan mulai 2 hingga 4 November 2024.
Masa sanggah adalah waktu yang disediakan bagi pelamar untuk memberikan respons atau tanggapan terkait hasil seleksi administrasi.
Mengacu pada Peraturan Menteri PAN RB No. 14 Tahun 2023, masa sanggah memberi kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan sanggahan atau keberatan, terutama jika ada ketidaksesuaian atau kesalahan dalam hasil administrasi.
Setiap pelamar yang hendak mengajukan sanggahan memiliki waktu maksimal 3 hari sejak pengumuman hasil administrasi untuk mengajukan sanggahannya.
Adapun tahapan selanjutnya adalah jawab sanggah, yaitu periode di mana panitia akan memeriksa dan memberikan jawaban atas sanggahan yang diajukan.
Jadwal Masa Sanggah PPPK 2024
Berdasarkan surat edaran BKN Nomor 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024, jadwal masa sanggah berlangsung pada 2-4 November, sementara proses jawab sanggah dilakukan mulai 2 hingga 6 November 2024.
Untuk mengajukan sanggahan, pelamar dapat login ke akun SSCASN masing-masing. Panitia akan menilai dan menerima sanggahan jika terbukti terdapat kesalahan di pihak panitia dalam proses administrasi.
Jika kesalahan terjadi dilakukan oleh pelamar, maka sanggahan otomatis akan ditolak. Berikut ini detail jadwal lengkapnya:
- Masa Sanggah: 2-4 November 2024
- Jawab Sanggah: 2-6 November 2024
- Pengumuman Pasca Masa Sanggah: 5-11 November 2024
- Penarikan Data Final: 12-14 November 2024
- Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 15-25 November 2024
- Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi: 26 November 1 Desember 2024
- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 2-19 Desember 2024
- Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi: 7-23 Desember 2024
- Pengumuman Hasil Kelulusan: 24-31 Desember 2024
- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan: 10-21 Desember 2024
- Integrasi Nilai Seleksi Kompetensi dan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan: 3 – 28 Desember 2024
- Pengumuman Hasil Kelulusan Akhir: 24-31 Desember 2024
- Pengisian DRH NI PPPK: 1-31 Januari 2025
- Usul Penetapan NI PPPK: 1-28 Februari 2025
Cara Ajukan Sanggah PPPK 2024 Jika Gagal Seleksi Administrasi
Bagi pelamar yang merasa gagal dalam hasil seleksi administrasi dan ingin mengajukan sanggahan, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:
1. Akses Portal SSCASN
Buka laman sscasn.bkn.go.id dan login menggunakan akun yang telah terdaftar untuk pendaftaran PPPK.
2. Lihat Status Seleksi
Jika dinyatakan tidak lolos, akan ada pemberitahuan “Tidak Memenuhi Syarat (TMS) beserta alasan ketidaklolosan.
3. Isi Formulir Sanggah
Pada halaman tersebut, pilih opsi untuk mengajukan sanggah, kemudian isi formulir sanggah dengan alasan lengkap dan kronologis permasalahan.
4. Unggah Bukti Pendukung
Pastikan untuk menyertakan dokumen atau bukti pendukung sebagai pelengkap sanggahan kamu.
5. Periksa Kembali
Pastikan semua alasan dan dokumen sudah lengkap, serta kesalahan yang dibuat tidak berasal dari kamu.
6. Pantau Jawaban Sanggah
Setelah mengajukan, kamu dapat memantau jawaban atau respons dari panitia secara berkala pada website BKN.
Dengan mematuhi prosedur di atas, pelamar diharapkan dapat menyampaikan sanggahannya secara tepat waktu dan sesuai ketentuan.