sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Jumat (19/4/2024) siang, Polisi mengalihkan arus lalu lintas (lalin) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, akibat aksi unjuk rasa.

Massa demonstrasi berkumpul di sekitar Patung Kuda Arjuna Wijaya, Gambir, untuk menuntut Mahkamah Konstitusi (MK) bersikap adil terkait Pemilu 2024.

Dalam unggahan video dari akun Instagram @jakarta.terkini, simpang Harmoni terkena imbas kemacetan akan aksi tersebut.

Sehingga arus lalu lintas dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Harmoni melalui Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan.

Kendaraan, baik mobil maupun motor, diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan, di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Sementara itu, kendaraan dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan.

Arus dari Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan ke arah Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sebanyak 2.713 personel gabungan dari TNI, Polri, Pol PP, dan Dishub DKI dikerahkan untuk menjaga keamanan di sekitar lokasi demo. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, menegaskan bahwa pengalihan arus lalu lintas tersebut bersifat situasional, disesuaikan dengan kondisi massa aksi.

Rekayasa lalu lintas dilakukan dengan menutup beberapa traffic light serta jalur-jalur tertentu.

Traffic light Harmoni yang mengarah ke Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kesehatan. Jalan Perwira yang mengarah ke Jalan Merdeka Utara dialihkan ke arah Istiqlal dan Lapangan Banteng.

Traffic light Thamrin dialihkan ke Jalan Kebun Sirih yang mengarah ke Senen dan Jalan Abdul Muis.

Masyarakat yang akan melintas di sekitar kawasan Monas diimbau untuk mencari jalan alternatif guna menghindari kemacetan.