sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Pameran produk bayi dan mainan terbesar di Asia Tenggara, Indonesia International Baby Products and Toys Expo (IBTE) 2025, resmi kembali digelar pada 20–22 Agustus 2025 di Jakarta.

Pameran ini menghadirkan ragam kategori produk yang semakin beragam dan menarik, termasuk Blind Box, Plush Toys, Building Blocks, Collectible Cards, mainan bayi dan anak, mainan edukatif, mainan berbasis AI, alat tulis, produk ibu dan bayi, peralatan elektronik bayi dan anak, produk perawatan bayi dan anak, perlengkapan anak lainnya, serta lisensi IP.

Dengan dukungan kuat dari berbagai asosiasi dan mitra industri seperti AMI, P4B, ASENSI, AIMI, ATPA, ATAA, dan APMI, acara ini semakin memperkuat posisinya sebagai platform B2B internasional terbesar dan paling prestisius di kawasan Asia Tenggara.

Tahun ini, lebih dari 1000 booth dari berbagai negara dan wilayah, termasuk Indonesia, Singapura, Korea, Tiongkok, Malaysia, Hong Kong, dan lainnya, akan memenuhi area seluas hampir 20.000 meter persegi.

Ribuan Produk Unggulan dan Merek Ternama

IBTE 2025 menyuguhkan produk-produk unggulan yang mencerminkan tren global, seperti Blind Box, Collectible Cards, dan mainan edukatif berbasis teknologi. Sejumlah merek ternama turut meramaikan pameran, antara lain Baby Three, Blokee, Kimmon, MLBB, Mr. Pa, Wakuku, dan Kayou.

“Pameran ini menjadi platform strategis bagi pelaku industri untuk mengeksplorasi peluang baru dan memperluas jaringan bisnis,” ujar Sutjiadi Lukas, Ketua Asosiasi Mainan Indonesia.

Business Matchmaking & Wawasan Pasar

IBTE juga menghadirkan Business Matchmaking Program, yang memungkinkan peserta menjadwalkan pertemuan dengan calon mitra bisnis, baik sebelum maupun setelah acara. Ini menjadi peluang emas untuk memperluas jejaring dan menciptakan kerja sama strategis.

Tak hanya itu, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai seminar dan workshop. Salah satu sesi unggulan akan dibawakan oleh TikTok by Tokopedia Indonesia, yang akan mengulas strategi sukses berjualan produk bayi dan mainan di platform digital.

Seminar dan Workshop

Salah satu sorotan acara adalah IP Licensing Conference yang digelar oleh Asosiasi Lisensi Indonesia bersama Chaoyu Expo.

Konferensi ini akan menghadirkan pakar dari International Licensing Association dan perwakilan dari The Walt Disney Company, yang membahas tren lisensi global dan strategi pengembangan produk berbasis karakter.

Kompetisi Seru

Setiap hari akan diisi dengan kompetisi berbeda. Hari pertama akan diadakan kompetisi cosplay dengan tema MLBB (Mobile Legends: Bang Bang) yang disponsori oleh Manyc, diikuti oleh balap Tamiya di hari kedua, dan pertarungan Beyblade di hari terakhir yang disponsori oleh Hayidai.

Semua kompetisi ini menawarkan kesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik.

“Pameran ini menjadi platform strategis bagi para pelaku industri produk bayi dan mainan untuk mengeksplorasi peluang baru, bertukar wawasan, dan menjalin kolaborasi dalam menghadapi dinamika pasar.

Melalui interaksi langsung dengan pemasok terpercaya, peserta dapat memperoleh akses ke produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif,” ujar Bapak Sutjiadi Lukas, Ketua Asosiasi Mainan Indonesia.

“Total sebanyak 40.000 pengunjung diperkirakan akan memadati area pameran selama berlangsungnya acara — mulai dari pembeli profesional, retailer, pemilik concept store, pelaku industri kreatif, hingga konsumen umum yang antusias terhadap tren produk bayi dan mainan terkini. Kehadiran mereka diharapkan dapat mendorong terciptanya peluang bisnis baru, pertukaran ide, serta memperkuat rantai pasok industri produk bayi dan mainan di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara,” Ujar Bapak Nelson Hou, General Manager IBTE.